Presiden Jokowi Jajal Mobil Listrik Mungil di GIIAS 2021

Presiden Jokowi mencoba Mitsubishi Minicab-MiEV di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021

Presiden Jokowi Jajal Mobil Listrik Mungil di GIIAS 2021
Photo: Pribadi

TRENOTO – Presiden Joko Widodo datang ke pameran otomotif tahunan GIIAS 2021, Rabu (17/11/2021). Presiden yang akrab disapa Jokowi ini menyambangi sejumlah booth peserta pameran dan mencoba salah satu unitnya.

Dalam kunjungannya hari ini, Jokowi ditemani Menteri Sekertariat Negara Pratikno, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, serta Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. Turut hadir juga Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi.

Usai berkeliling di area pameran, Jokowi menyempatkan diri untuk menjajal mobil niaga ringan (light commercial vehicle/LCV) bertenaga listrik milik Mitsubishi, yakni Minicab-MiEV. Tidak hanya itu, Presiden juga mengendarai mobil golf sendiri bersama para menterinya.

“Jadi kita tau semuanya, industri otomotif merupakan salah satu industri yang terkena dampak sangat besar karena pandemi di tahun 2020 yang lalu. Dan pemerintah tahu bahwa industri otomotif ini membawa gerbong yang tidak sedikit utk UMKM komponen-komponen yang ada,” kata Jokowi usai menjajal mobil listrik di ICE BSD City, Tangerang Selatan.

Photo : Pribadi

Jokowi juga menyebut, relaksasi PPnBM yang diberikan pemerintah hingga akhir tahun ini, menjadi salah satu cara untuk mendongkrak penjualan dan produksi kendaraan bermotor di masa pandemi.

“Terakhir angka yang saya dapatkan lebih dari 60 persen. Ini yang sangat baik untuk memberikan dorongan pada pemulihan ekonomi. Kemudian saya menyampaikan pentingnya membangun ekosistem untuk mobil yang ramah terhadap lingkungan, mobil yang rendah emisinya,” ujarnya.

Terkait produksi dan peluncuran kendaraan baru ke depannya, mantan Walikota Solo tersebut menegaskan, pabrikan harus fokus pada emisi gas buang yang dihasilkan.  

“Produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid. Tapi sekali lagi, semuanya harus ramah lingkungan. Tadi kita sudah bertemu dengan para CEO dan saya sampaikan apa yang menjadi concern kita dan apa yang kita lakukan bersama-sama di masa yang akan datang,” tuturnya.

Sebagai informasi, GIIAS tahun ini resmi digelar 11 hingga 21 November 2021. Dalam pameran tersebut, terdapat sejumlah kendaraan ramah lingkungan masa depan yang ditampilkan para Agen Pemegang Merek (APM).  

Artikel Terkait