Produksi Indonesia, Komponen Lokal Wuling Air ev 40 Persen

Komponen lokal Wuling Air ev disebut ada diangka 40 persen meski mobil listrik tersebut resmi diproduksi di Indonesia

Produksi Indonesia, Komponen Lokal Wuling Air ev 40 Persen
Photo: TrenOto

TRENOTO – Menjadi mobil listrik pertama Wuling yang melakukan produksi di Indonesia, komponen lokal Wuling Air ev berada di angka 40 persen. Hal tersebut telah sesuai dengan road map yang ditetapkan pemerintah.

Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors mengaku bila pihaknya siap meningkatkan penggunakan komponen lokal seiring berjalannya produksi kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

"Jadi untuk lokalisasi kita itu sekarang masih memakai CKD (Completely Knocked Down), jadi Untuk TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) itu 40 persen. Jadi ke depannya kita akan meningkatkan lokalisasinya sesuai dengan arahan pemerintah dan juga memenuhi standar dan demand dari market sendiri," kata Dian Senin (8/8/2022).

Photo : TrenOto

Saat disinggung detail komponen Wuling Air ev yang telah mengalami lokalisasi, Dian enggan menyebutnya dengan rinci. Dirinya hanya menegaskan bila pabrikan otomotif asal China tersebut siap melakukan evaluasi ke depan khususnya pada penggunaan komponen lokal.

"Sebenarnya kalau TKDN Wuling mencoba mengikuti road map dari pemerintah untuk EV dimana target kandungan lokal untuk tahun 2022 dan 2023 itu 40 persen. Kita juga berkomitmen semakin lama itu semakin banyak," tuturnya.

Telah membuka pemesanan sejak awal Juli 2022, pabrikan berlambang lima berlian ini siap melakukan pengiriman unit kepada konsumen pada akhir Agustus mendatang. 

"Terkait pertanyaan kapan sampai ke konsumen, di akhir Agustus atau awal September maka mobil ini sudah bisa sampai kepada konsumen," tuturnya.

Photo : TrenOto

Wuling Air ev hadir dengan interior bergaya kompak dan modern. Hal ini ditunjang dengan penggunaan Intelligent Tech Dashboard di bagian depan yang memadukan panel dan knop futuristik serta layar antarmuka lebar.

Tersedia juga Integrated Floating Wide Screen dan terdiri dari head unit berdimensi 10,25 inci serta meter cluster berukuran 10,25 inci. Pada dasbor juga terdapat pula Multifunction Steering Wheel dilengkapi tombol pengoperasian audio dan pengaturan menu.

Meski memiliki dimensi imut, kabin Wuling Air ev diklaim tetap mampu memberikan kenyamanan lewat konfigurasi 50:50. Disebut mampu menampung 4 orang dengan akses keluar masuk ergonomis.

Artikel Terkait