Produksi Toyota Vios Dihentikan, Pilihan Sedan Makin Sedikit

Produksi Toyota Vios Dihentikan oleh TMMIN sehingga membuat pilihan mobil sedan Toyota menjadi semakin sedikit

Produksi Toyota Vios Dihentikan, Pilihan Sedan Makin Sedikit
Photo: Toyota

TRENOTO – Setelah menjadi salah satu andalan ekspor, beredar kabar bahwa produksi Toyota Vios dihentikan di Indonesia. Hal ini terungkap oleh salah satu video di Instagram yang menampilkan para pekerja pabrik Toyota tengah membawa kertas bertuliskan ‘Sayonara Vios’.

Dalam video tersebut diawali dengan tampilnya sebuah mobil sedan yang belum selesai dibuat. Kemudian berlanjut ke sejumlah karyawan untuk mengucapkan terima kasihnya karena telah menjadi bagian dalam kesuksesan pabrik.

“Terima kasih Vios karena sudah menjadi bagian sukses berdirinya plant 2,” ungkap salah satu pekerja dalam video tersebut.

Photo : Toyota

Kami telah menghubungi Bob Azzam, Direktur Corporate Affairs TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) terkait hal ini. Ia tidak menampik maupun mengakui telah dihentikannya produksi Toyota Vios.

“Bersama dengan TAM, kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga. Selain itu kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya,” tegasnya pada TrenOto pagi hari tadi (02/08).

Hingga berita ini dibuat, Toyota Vios masih terpampang di situs resmi. Mobil tersebut kini ditawarkan dalam 3 tipe yaitu E MT, G MT serta G CVT dan dijual mulai dari Rp293.7 juta hingga Rp325.7 juta.

Bila benar dihentikan, artinya Toyota tinggal memiliki Camry dan Corolla Altis di segmen sedan.

Terakhir kali Toyota Vios mendapat pembaruan di Indonesia adalah pada April 2018. Ketika itu Toyota melakukan pengubahan minor khususnya dari sisi tampilan luar agar menjadi lebih sporti bila dibandingkan sebelumnya.

Ubahan paling terlihat adalah kehadiran grille berdesain agresif yang dikombinasikan lampu depan menyipit. Tampilan tersebut membuatnya terlihat lebih menarik, cocok dengan garis aerodinamika pada sisi bodi kendaraan.

Beberapa fitur hiburan telah disematkan seperti speaker 7 inchi HD Display, DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, HDMI, Bluetooth untuk audio dan telepon, iPod Read, serta Miracast. Selain itu, mobil juga dilengkapi oleh konektivitas ibternet melalui Weblink, Multitasking Window hingga Remote Apps melalui Smartphone.

Photo : Toyota

Fitur keselamatan terbilang lengkap karena sudah menggunakan 7 SRS Airbags, Hill-Start Assist, Vehicle Stability Control (VSC), ABS + EBD + BA hingga 3-Point Seatbelt. Dengan seluruh fitur keselamatannya, bintang 5 dari ASEAN NCAP pun berhasil diraih.

Sedangkan untuk jantung mekanis, sebuah mesin 2NR-FE berkapasitas 1.500cc dengan Dual VVT-i. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 106 hp dan torsi 142 Nm.

Artikel Terkait