Ratusan Toyota BZ4x Masuk Indonesia

Toyota BZ4x Masuk Indonesia akan hadir di sebagai kendaraan untuk para delegasi KTT G20 yang diselenggarakan akhir 2022

Ratusan Toyota BZ4x Masuk Indonesia
Photo: Toyota UK

TRENOTO – Toyota BZ4x masuk Indonesia dalam jumlah ratusan unit. Mobil listrik pertama Toyota ini sejatinya akan hadir dalam rangka memeriahkan ajang Presidensi G20.

Nantinya unit kendaraan ini akan menjadi armada untuk delegasi Konferensi Tingkat Tinggi G20. Menariknya mobil ramah lingkungan tersebut juga akan dipasarkan di Tanah Air.

“Memang pertama kita sedang fokus mempersiapkan G20, karena ini event yang penting dan kebanggaan Indonesia juga. Jadi kita sudah membicarakan ini, kebutuhannya dan secara bertahap akan masuk ke Indonesia,” kata Anton Jimmy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam konferensi virtual (14/04).

Setelah memasukkan Toyota BX4x ke Indonesia, tentu langkah selanjutnya menimbang potensi kendaraan tersebut di Tanah Air. Oleh karena itu, TAM dikatakan tengah mempersiapkan seluruh keterkaitannya.

Photo : Toyota UK

“Ini on going, kita sedang mendiskusikan bagaimana pemasarannya. Detail mengenai penjualan dan sebagainya nanti ditunggu-lah, pada saatnya akan diinformasikan,” ucap Anton.

Dikatakan lebih lanjut bahwa pihaknya tengah mempersiapkan dan menyuseskan ajang G20. Karena sebagai mobil listrik dan menjadi model yang benar-benar baru, maka persiapannya harus lebih matang.

“Ini bukan hanya masalah mengimpor monbil, tapi juga menyiapkan infrastruktur, aftersales, sparepart dan kemudian fasilitas charging termasuk melatih driver, mekanik dan sebagainya,” jelasnya kemudian.

Toyota Jepang dikatakan akan mulai meluncurkan BZ4x pada 12 Mei 2022. Mobil listrik ini dikatakan tersedia dalam program layanan sewa berlangganan dengan mengandalkan KINTO.

Sementara KTT G20 sendiri akan dimulai pada akhir tahun ini. Sehingga kemungkinan Toyota akan memasarkan BZ4x di Indonesia pada tahun depan.

Photo : Toyota UK

Merupakan singkatan dari Beyond Zero, nama bZ diharapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen terkait kendaraan ramah lingkungan secara global. 

Model seri Toyota bZ akan dibangun di atas platform khusus BEV terbaru. Sebagai kendaraan masa depan, terdapat beragam fitur canggih yang mampu mendorong penggunaan energi terbarukan.

Toyota bZ4X kabarnya akan tersedia dalam dua opsi penggerak, yakni penggerak roda depan dan penggerak semua roda dengan dua motor listrik.

Pada versi penggerak roda depan, tenaga yang dihasilkan mencapai 150 kW sementara penggerak semua roda 160 kW. Keduanya memiliki baterai lithium-ion 355 volt.

Artikel Terkait