Ribuan Daihatsu Rocky Kena Recall Akibat Salah Pengelasan

Ribuan Daihatsu Rocky kena recall karena kurang tepatnya posisi pengelasan pada dudukan shock absorber depan

Ribuan Daihatsu Rocky Kena Recall Akibat Salah Pengelasan
Photo: PT Astra Daihatsu Motor

TRENOTO – Sebanyak 9.378 unit Daihatsu Rocky kena recall karena kurang tepatnya posisi pengelasan pada dudukan shock absorber depan. Recall ini dilakukan untuk mobil dengan periode produksi 28 April – 7 Oktober 2021.

Kurang tepatnya posisi pengelasan tersebut berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara ketika melewati kondisi jalan rusak di kecepatan tinggi. Tak hanya itu, dalam kondisi ekstrem maka komponen dudukan shock absorber dapat terlepas.

“Kami menemukan adanya potensi terlepasnya dudukan shock absorber depan akibat kurang tepatnya titik pengelasan. Titik pengelasannya ada di antara plat atas dan bawah sehingga kekuatan las kurang maksimal,” ungkap Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM.

Photo : PT Astra Daihatsu Motor

Untuk mengatasi itu, Daihatsu pun akan melakukan perbaikan dengan cara menambah 11 titik pengelasan guna memperkuat dudukan shock absorber. Maka total akan ada 25 titik pengelasan pada dudukan shock absorber sehingga diyakini permasalahan dapat teratasi.

Bambang menambahkan bahwa pengelasan pada komponen tersebut dilakukan oleh operator sehingga ada kemungkinan terjadi kesalahan. Hal ini berbeda dengan pengelasan lain karena sudah menggunakan robot sehingga pengerjaannya lebih presisi.

“Jadi di seluruh bodi mobil ada yang dikerjakan manusia dan robot dan sebenarnya kualitas dari hasil pengerjaannya sama. Namun robot tidak ada capek sementara manusia ada capeknya,” tambahnya kemudian.

Namun Ia memastikan bahwa seluruh pengerjaan baik yang dilakukan robot maupun manusia akan mendapat pemeriksaan secara berkala. Sehingga risiko terjadinya permasalahan serupa dapat dihindari.

Photo : adm

Daihatsu pun menyarankan kepada pelanggan yang mobilnya masuk ke dalam program recall untuk menghubungi bengkel resmi terdekat. Bengkel memerlukan waktu sekitar 10 jam untuk dapat mengerjakan perbaikan ini.

Untuk prosedur recall, Daihatsu akan menghubungi pemilik kendaraan. Pelanggan juga bisa memastikannya sendiri dengan mengunjungi situs resmi Daihatsu dan memasukkan nomor rangka kendaraan.

Setelah mendapat informasi, bagi pelanggan yang masuk ke daftar recall Daihatsu Rocky, dapat langsung melakukan booking jadwal dan datang ke bengkel resmi. Dengan demikian diharapkan pelanggan dapat merasa lebih dimudahkan karena tidak harus mengantri terlalu lama.

Kembaran Rocky, Toyota Raize juga terkenda dampak masalah pengelasan ini. PT Toyota Astra Motor (TAM) juga telah mengeluarkan pengumuman resmi untuk melakukan recall.

Artikel Terkait