Saat Toyota Avanza Veloz Terbaru Bersanding dengan Xpander Lama

Toyota Avanza Veloz generasi ketiga terlihat bersanding dengan Mitsubishi Xpander lama, simak masing-masing desainnya

Saat Toyota Avanza Veloz Terbaru Bersanding dengan Xpander Lama
Photo: TrenOto
  • Oleh Adi Hidayat

  • Selasa, 09 November 2021 | 06:00 WIB

TRENOTO – Meski belum resmi diluncurkan, Toyota Avanza generasi ketiga sudah mulai terlihat di beberapa ruas jalan di DKI Jakarta. Siang hari tadi misalnya, TrenOto berhasil memergoki Toyota Avanza Veloz berwarna putih di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Toyota Avanza memang telah menjadi pusat perbincangan di dunia otomotif Indonesia dalam satu bulan terakhir. Pasalnya, generasi ketiga dari Avanza didesain berbeda dibanding generasi sebelumnya. Boleh dibilang tampilannya kini lebih berani dan cukup berkarakter layaknya desain model-model Toyota terbaru.

Ubahan-ubahan yang terjadi pada Avanza Veloz tentu akan membuat persaingan di kelas low MPV akan menjadi menarik terutama saat berhadapan dengan Xpander. Apalagi seperti kita ketahui, Xpander baru saja baru saja hadir dengan versi terbaru. Tentu persaingan keduanya akan sangat panas di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan dibuka pada 11 November 2021.

Photo : TrenOto

Kebetulan TrenOto memergoki Avanza Veloz terbaru ini saat bersanding dengan Mitsubishi Xpander versi pertama yang diluncurkan 2017 lalu.  Bila diperhatikan, Toyota kemungkinan memperlebar wheeltrack Avanza. Hal ini terlihat karena saat disandingkan, lebar Toyota Avanza Veloz dengan Mitsubishi Xpander terlihat nyaris sama. Dengan wheeltrack lebih lebar maka kestabilan dipercaya akan lebih baik. 

Dari sisi desain, baik Toyota Avanza Veloz baru dan Mitsubishi Xpander menampilkan karakter masing-masing pabrikan dengan menghadirkan bahasa desain masing-masing. Pada titik ini Toyota mantap menampilkan grille depan besar plus headlamp pipih mengikuti lekuk depan kap mesin. Tampilan Avanza Veloz sendiri terbilang memiliki gaya yang mirip Raize atau Corolla Cross

Desainnya cukup menarik dengan grille melebar ditambah desain lampu yang menyipit. Penambahan akesn krom berbentuk shuriken di bemper depan pun berhasil membuat mobil terasa lebih modern. Lainnya tampak ada kemiripan bentuk bumper depan  Avanza Veloz baru dengan Xpander lama.

Photo : TrenOto

Pada sisi belakang antara Toyota Avanza Veloz dan Mitsubishi XPander secara umum punya desain dengan ciri masing-masing. Yang paling menonjol tentu tampak saat mencermati desain lampu belakang.

Bila Mitsubishi Xpander versi terdahulu sudah cukup dikenal dengan lampu belakang melebar selaras dengan pilar belakang dan bagasi, maka Toyota Avanza Veloz tampil lebih pipih seakan membuatnya menyerupai pedang. Kemiripan lain adalah kehadiran skidplate yang sama-sama menggunaan warna abu-abu. Tentunya kehadiran skidplate ini memberikan kesan tangguh untuk mobil.

Artikel Terkait