Saingi Veloz, Hyundai Stargazer Dapat Empat Bintang ASEAN NCAP

Hyundai Stargazer dapat Empat Bintang dalam pengujian yang dilakukan oleh ASEAN NCAP beberapa waktu lalu

Saingi Veloz, Hyundai Stargazer Dapat Empat Bintang ASEAN NCAP
Photo: TrenOto

TRENOTO – Hyundai Stargazer hadir di Indonesia melalui ajang GIIAS 2022 dan menantang Avanza, Xpander hingga Ertiga. Mobil asal Korea Selatan ini masuk ke segmen LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) yang pasarnya paling seksi di Tanah Air.

Mengusung berbagai kelebihan dibandingkan para kompetitornya, kendaraan tersebut diyakini akan menjadi idola baru masyarakat. Bahkan diklaim jumlah pemesanan di GIIAS 2022 lebih banyak daripada Avanza.

Sebagai anggota baru di segmen LMPV, Hyundai Stargazer dibekali dengan berbagai fitur keselamatan aktif. Sebut saja HAC (Hill-Start Assist Control), FCA (Forward Collision-avoidance Assist), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA - Dari parkir paralel), Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), Rear View Monitor (RVM), Safe Exit Warning (SEW), Driver Attention Warning (DAW) dan High Beam Assist (HBA) yang memudahkan kinerja pengemudi.

Photo : ASEAN NCAP

Dengan modal fitur-fitur keselamatan dan keamanan tersebut, Hyundai Stargazer dapat empat bintang pada pengujian ASEAN NCAP. Mobil keluarga ini mendapatkan nilai 31.21 untuk Adult Occupant, 14.48 Child Occupant, 12.04 Safety Assist dan 8.75 Motorcyclist Safety.

Dijelaskan lebih lanjut pada proteksi orang dewasa untuk benturan depan 13.79, samping 7.18, perlindungan kepala 4.00 sehingga totalnya 24.97 poin. Pada benturan depan atau front impact, kaki kanan merupakan paling berdampak atau marginal.

Baca juga : Test Drive Hyundai Stargazer, Mimpi Si Pelamun Malam

Lalu bagian paha kanan dan dada berwarna kuning alias adequate. Sementara pada tabrakan samping bagian dada dan perut mengalami reaksi paling parah dibandingkan anggota tubuh lainnya.

Varian Stargazer yang diuji adalah Active dengan tahun pembuatan 2022. Mobil memiliki bobot 1.135 kg dan dilengkapi 2 airbag pada bagian depan.

Hasil di atas ternyata tidak lebih baik dari Toyota Veloz. Mobil keluarga yang telah mengusung teknologi TSS (Toyota Safety Sense) tersebut meraih bintang lima alias sempurna.

Photo : Hyundai

Toyota Veloz mencatatkan nilai 34.88 poin untuk kategori Adult Occupant, 17.17 Child Occupant, 16.03 Safety Assist dan 11.92 Motorcyclist Safety. Disebutkan bahwa skor tertinggi yang didapatkan berkat adanya fitur TSS.

Bicara penjualan Hyundai Stargazer diklaim menjadi penyumbang kedua terbanyak setelah Creta. Sejak GIIAS 2022 hingga Oktober disebutkan penjualan unit secara retail sales telah mencapai hampir 6.000 unit.

Artikel Terkait