Setelah Innova Zenix, Toyota Siapkan Mobil Listrik Terjangkau

Sukses dengan bZ4x dan Innova Zenix, Toyota siapkan mobil listrik terjangkau lainnya di pasar Indonesia

Setelah Innova Zenix, Toyota Siapkan Mobil Listrik Terjangkau
Photo: Toyota

TRENOTO – Toyota mulai menambah lini kendaraan listriknya dengan merilis Toyota Kijang Innova Zenix. Tersedia dalam pilihan mesin bensin dan hybrid, Toyota mengantongi hingga 4.000 SPK dua minggu setelah peluncuran.

Secara keseluruhan, market elektrifikasi di Indonesia mulai terlihat membaik dan signifikan. Transisi menuju era elektrifikasi ditandai dengan terbitnya kebijakan pemerintah yang mendukung penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai hingga konversi motor listrik.

Agar bisa mencakup seluruh lapisan masyarakat perlu ada pilihan mobil listrik harga terjangkau. Hal ini yang sedang diupayakan oleh Toyota selama masa transisi elektrifikasi.

Photo : Istimewa

Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) memaparkan bahwa Toyota menyematkan teknologi hybrid ke model populer seperti Kijang Innova karena melihat kebutuhan masyarakat

Dengan begitu harganya juga bisa lebih terjangkau. Ini jika dibandingkan dengan lini hybrid Toyota sebelumnya seperti Camry Hybrid dan Corolla Cross.

“Kita membuka akses lebih banyak jadi teknologi hybrid disematkan ke model populer yang banyak dipakai masyarakat Indonesia. Harapan kita itu kalau lihat tren seperti dari Camry, Corolla dan seterusnya, sekarang kan arahnya ke sana,” ujar Henry dalam acara Toyota Media Gathering, Kamis (8/12).

Baca juga: Toyota Kijang Innova Zenix Buatan Karawang Siap Ekspor 40 Negara

Ketika ditanya tentang model pengisi jajaran kendaraan listrik Toyota selanjutnya, Henry belum bisa menyampaikan apakah akan menggunakan model populer lainnya atau meluncurkan model baru.

Namun yang pasti Toyota akan mengusahakan kendaraan listrik dengan harga terjangkau agar bisa dirasakan berbagai lapisan masyarakat.

“Yang kita lakukan sekarang kita letakkan hybrid di Innova Zenix karena memang kita lihat ini memang kendaraan secara cukup lama terbukti dibutuhkan masyarakat. Harapannya biar banyak pengguna (Kijang Innova) memakai itu,” lanjut Henry.

Photo : Toyota

Fokus terpentingnya adalah bagaimana membuka akses bagi seluruh lapisan masyarakat untuk turut berkontribusi. Hal ini juga disampaikan oleh Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT TAM.

“Semua orang bisa berkontribusi. Dari sisi mobilitas Toyota menawarkan produk-produk mantap. Orang berkontribusi tidak hanya beli mobil listrik, tapi bisa juga LCGC (Low Cost Green Car) yang lebih ramah lingkungan,” ucap Anton.

Artikel Terkait