SKF Dukung Perguruan Tinggi Ciptakan Mobil Ramah Lingkungan

SKF dukung perguruan tinggi untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan yang akan digunakan dalam kompetisi

SKF Dukung Perguruan Tinggi Ciptakan Mobil Ramah Lingkungan
Photo: Trenoto

TRENOTO – Kemampuan mahasiswa Indonesia dalam menciptakan kendaraan ramah lingkungan, termasuk mobil listrik sudah tidak diragukan. Pasalnya, dalam beberapa kesempatan tim-tim dari perguruan tinggi sudah meraih banyak prestasi internasional.

Kemampuan mereka dalam merancang kendaraan tentunya tidak lepas dari peran industri otomotif. Pasalnya banyak komponen yang memang tidak bisa mereka buat sendiri sehingga memerlukan kerjasama dengan beberapa pihak.

Salah satu perusahaan pendukung adalah PT SKF Indonesia, perusahaan manufaktur bearing kendaraan. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan mendukung 5 perguruan tinggi sekaligus demi kemajuan pengembangan.

Photo : Trenoto

“Tidak hanya finansial, bentuk dukungan kami juga dengan memberikan bearing yang sudah disesuaikan kebutuhan mereka. Mereka berhak untuk menyampaikan racikannya kemudian bearing kami akan siapkan,” ungkap Muhammad Abiyyu Hanif, Application Engineer PT SKF Indonesia.

Produk yang dibutuhkan oleh pihak tim perguruan tinggi umumnya memang tidak mudah dibuat. Pasalnya para mahasiswa membutuhkan bearing minim gesekan guna memastikan energi dapat keluar secara optimal.

“Beda dengan kendaraan biasa, mahasiswa membutuhkan bearing low friction sehingga harus menggunakan bahan ceramic ball. Setiap mobil juga memiliki hitungan berbeda tergantung keperluannya,” tegasnya kemudian.

Photo : Trenoto

Meski memiliki perhitungan khusus, SKF sebenarnya tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk memenuhi permintaan dari para mahasiswa. Pasalnya mereka telah memiliki material cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan.

Sementara itu Ariza dari UI Supermileage Vehicle Team menggatakan bahwa bearing memiliki peran sangat vital terhadap jarak tempuh. Pasalnya semakin minim gesekan yang terjadi dapat membuat jarak tempuh semakin jauh.

“SKF telah membantu kami sejak 2017 dengan membuat bearing yang ringan dan minim gesekan. Mobil protitipe kami bahkan dapat mencapai jarak sejauh 1.143 km per liter bensin,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh tim Semar UGM yang telah bekerjasama dengan SKF sejak 2019. Hasil kerjasama pun berhasil membuat tim tersebut meraih banyak hasil positif termasuk memenangkan beragam

Terbaru, mereka berhasil mereka menyabet dua gelar juara dari Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya. Dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemendikbudristek ini tim Semar UGM memperoleh juara 1 dalam kategori Proto Listrik dan juara 1 untuk kategori lomba Eco Fun Race.

Artikel Terkait