Spesifikasi Hino SG 260 Th, Truk Kecelakaan Maut Bekasi

Menyebabkan 10 orang meninggal dalam kecelakaan maut Bekasi, intip spesifikasi Hino SG 260 Th secara lengkap

Spesifikasi Hino SG 260 Th, Truk Kecelakaan Maut Bekasi
Photo: Hino

TRENOTO – Sebuah truk menjadi penyebab kecelakaan maut di Bekasi, Jawa Barat. Tercatat ada 30 korban secara keseluruhan yang terdiri dari 10 orang meninggal hingga saat ini. 

Melihat foto yang beredar diketahui truk tersebut merupakan Hino Ranger 500 seri SG 260 TH atau tractor head. Untuk lebih jelasnnya TrenOto telah merangkum spesifikasi Hino SG 260 Th seperti dilansir website resmi pabrikan.  

Pembeli bisa memilih desain yang tepat untuk alat pengangkut di bagian belakang. Sedikitnya terdapat lima pilihan yakni tanki, tanki gas, low bed, angkutan kendaraan dan container 20 feet. 

Photo : NTMC Polri

Dari sisi jantung pacu, pabrikan otomotif asal Jepang ini menyematkan mesin diesel 4 langkah segaris berkapasitas 7.684 cc model J08E-UF. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan berada di angka 256.4 hp pada 2.500 rpm dan torsi puncak 745 Nm pada 1.500 rpm.

Kecepatan maksimal yang mampu dihasilkan kendaraan berada di angka 100 kilometer per jam dengan daya tanjak 29 tan. 

Untuk dimensi, truk yang identik dengan warna hijau ini memiliki panjang 5.565 mm, lebar 2.490 mm, tinggi 2.745 mm dan jarak sumbu roda 3.280 mm. Kapasitas bahan bakar yang mampu di tampung untuk sekali pengisian mencapai 200 liter. 

Selain itu terdapat juga rem utama full air dengan sirkuit ganda, rem pelambat yang terletak pada pipa gas buang dan rem parkir spring brake.

Kecelakaan Maut di Bekasi

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menegaskan, tidak terlihat adanya jejak pengereman dari truk.

“Karena kalau dilihat dari tipe jalan tidak menurun dan juga tidak ada bekas rem, menabrak halte orang sedang yang menunggu di halte lalu menabrak tiang Telkomsel,” ujar Latif dilansir NTMC, Selasa (31/8/2022).

Dalam penjelasannya, Latif menyebut tiang Telkomsel yang ditabrak roboh ke tengah jalan dan menimpa kendaraan lain.

Photo : NTMC Polri

“Korban 30 secara keseluruhan yang meninggal 10 orang baru konfirmasi sampai saat ini,” ujarnya.

Saat ini korban telah dilarikan ke Rumah Sakit RSUD Bekasi dan Rumah Sakit Ananda Bekasi. Karena kecelakaan berada di zona sekolah dan bertepatan dengan waktu jam pulang ke rumah, Latif menjelaskan bahwa kebanyakan korban adalah anak sekolah dasar. 

Banyak dari mereka tengah menunggu angkutan umum di halte yang berada di depan sekolah. Truk yang terlibat kecelakaan juga diperkirakan melaju dengan kecepatan tinggi.

“Korban anak SD itu ada 20 an, 7 orang anak SD itu meninggal dunia. Kami melihat sementara perseneling ada di gigi 3 jadi kecepatannya pasti 60 kilometer per jam,” pungkasnya.

Artikel Terkait