Spesifikasi Mitsubishi Minicab Miev yang Dicoba Jokowi di GIIAS 2021

Mitsubishi Minicab MiEV menjadi unit yang dicoba oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di ajang GIIAS 2021

Spesifikasi Mitsubishi Minicab Miev yang Dicoba Jokowi di GIIAS 2021
Photo: MMKSI

TRENOTO – Presiden Joko Widodo menyambangi GIIAS 2021 untuk meninjau pameran otomotif tahunan tersebut pada (18/11/2021). Dalam kunjungannya, Presiden sempat mencoba Mitsubishi Minicab MiEV.

Pada GIIAS 2021, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah memperkenalkan kendaraan listrik tersebut kepada khalayak ramai.

Minicab MiEV merupakan kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik. Di negara asalnya, kendaraan ini telah membuktikan ketangguhannya.

Minicab MiEV di Jepang banyak diandalkan sebagai kendaraan operasional banyak perusahaan logistik. Dikatakan bahwa, guna membuktikan ketangguhannya MMKSI mengajak mitra potensial di Indonesia, sebagai kendaraan operasionalnya.

Lalu hasil pengujian akan digunakan untuk pengembangan kendaraan listrik Mitsubishi Motors di Indonesia. Selain itu, MiEV juga bisa berkontribusi pada pertumbuhan berkelanjutan dari mitra MMKSI dan masyarakat.

“Kami mengapresiasi perhatian dan dukungan Presiden Jokowi dan Pemerintah Indonesia terhadap kegiatan pameran sebagai salah satu barometer industri otomotif di Indonesia. Kami juga berharap dukungannya mencakup akselerasi kendaraan listrik dan infrastrukturnya,” ucap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Spesifikasi Mitsubishi Minicab MiEV

Kendaraan niaga bertenaga listrik ini disematkan baterai dengan kapasitas 16.0 kWh. Adapun jarak tempuhnya mencapai 150 km (JC08).

Sebagai kendaraan bertenaga listrik, Minicab MiEV bisa diisi ulang baterainya dengan dua metode. Metode pertama dengan menggunakan regular charging (type 1) dan Quick charging (CHAdeMO).

Performanya diklaim bisa mencapai 30 kW untuk tenaganya maksimalnya. Sementara torsi puncaknya mencapai 196 Nm, cukup besar sebagai kendaraan yang bertubuh mungil.

Photo : istimewa

Layaknya mobil ramah lingkungan Mitsubishi sebelumnya yakni Outlander PHEV, Minicab MiEV juga bisa memiliki kemampuan untuk menghidupi kebutuhan listrik di rumah. Teknologi ini dinamakan V2H (Vehicle to Home).

Mobil ini cukup lincah karena memiliki radius putar yang cukup sempit. Disebutkan bahwa MiEV memiliki radius putar 4.3 meter.

Sebagai kendaraan niaga, MiEV mempunyai konfigurasi tempat duduk yang flexibel. Disebutkan pengaturannya bisa 4-seater atau 2-seater dengan full-flat 2nd row seat.

Fitur yang disematkan di dalamnya meliputi AC (Air Conditioner), dual airbags dan ada traction control.

Artikel Terkait