Strategi Hindari Kepadatan Lalu Lintas Arus Balik Lebaran 2022

Guna menghindari kepadatan saat arus balik lebaran 2022 diperlukan strategi dan persiapan yang matang dari para pemudik

Strategi Hindari Kepadatan Lalu Lintas Arus Balik Lebaran 2022
Photo: Trenoto

TRENOTO – Jelang berakhirnya libur panjang, konsentrasi kepadatan lalu lintas dipastikan juga akan mengalami perubahan. Pasalnya masyarakat yang tadinya mudik ke kampung halaman akan berbondong-bondong kembali ke daerah asal untuk menjalani aktivitasnya.

Kepadatan lalu lintas khususnya dari arah timur ke barat diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 6 – 8 Mei 2022. Tanggal tersebut merupakan hari-hari terakhir libur panjang lebaran 2022 yang telah dimulai sejak 29 April lalu.

Sama seperti mudik, ada banyak hal harus dipersiapkan untuk menghadapi perjalanan ke daerah asal. Hal ini perlu menjadi perhatian agar perjalanan bisa sesuai dengan perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya.

Photo : BPJT

Langkah pertama harus dilakukan adalah kembali lebih awal guna menghindari puncak arus balik Lebaran 2022 yang diperkirakan terjadi pada 6 – 8 Mei. Dengan pulang lebih awal maka diharapkan bisa terhindar dari kemacetan.

Selanjutnya adalah menyesuaikan waktu sistem one way karena dinilai berhasil mengatasi kepadatan lalu lintas saat arus mudik. Menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal penerapan sistem one way diharapkan dapat menghindari kemacetan.

Langkah berikutnya adalah melakukan penyesuaian waktu perjalanan dengan pelat nomor kendaraan. Pihak Kepolisian akan melakukan pembatasan ganjil genap di Tol Trans Jawa untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Photo : Jasa Marga

Pastikan untuk mengisi bahan bakar hingga penuh sebelum masuk ke ruas tol. SPBU di rest area tol diperkirakan akan mengalami kemacetan luar biasa di arus balik sehingga guna menghindari antrean berkepanjangan sebaiknya isi bahan bakar sebelum melakukan perjalanan.

Meski menggunakan jalan tol memang menyenangkan karena terbilang cepat tiba di lokasi tujuan, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan rute alternatif. Hal ini penting karena bukan tidak mungkin kepadatan di jalan tol sudah terlalu tinggi sehingga perlu dialihkan.

Rute dan Jadwal One Way di Jalan Tol untuk Arus Balik

  • Jumat (6/5) pukul 14.00 WIB – 24.00 WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) hingga KM 47 (Tol Jakarta – Cikampek).
  • Sabtu (7/5) pukul 07.00 WIB – 24.00 WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) hingga KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim)
  • Minggu (8/5) mulai pukul 07.00 WIB hingga Senin (9/5) pukul 03.00 WIB dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) hingga KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim).
  • Polri juga dapat memberlakukan sistem one way mulai KM 442 (Gerbang Tol Bawen) dengan mempertimbangan kondisi volume lalu lintas yang terjadi di lapangan.

Artikel Terkait