Sunroof All New Toyota Voxy Hilang, Ini Alasannya

Meski memiliki beragam peruabahan dan fitur canggih, all new Toyota Voxy hadir tanpa sunroof di Indonesia

Sunroof All New Toyota Voxy Hilang, Ini Alasannya
Photo: Toyota Astra Motor

TRENOTO – Resmi memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, all new Toyota Voxy diklaim memiliki beragam keunggulan, salah satu yang menarik perhatian ialah teknologi Toyota Safety Sense 3.0 atau TTS 3.0.

Tak hanya itu, mobil terbaru pabrikan otomotif asal Jepang ini juga mengalami peningkatan performa berkat platform dan mesin Toyota New Global Architecture (TNGA).

Meski demikian all new Toyota Voxy nyatanya tak memiliki sunroof. Padahal, model lawas mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) ini menjadikan fitur tersebut sebagai salah satu unggulannya. 

Menanggapi hal ini, Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengaku, absennya sunroof pada model terbaru ini menuai pro kontra.

"Memang untuk sunroof atau moonroof ini sebenarnya pro kontra. Ada konsumen yang suka, tapi balik ke prioritas kami," kata Anton kepada awak media.

Dalam penjelasannya, Toyota menyebut bila pihaknya saat ini lebih fokus pada platform terbaru yang disematkan serta fitur unggulan untuk memanjakan pengendara dan penumpang.

"Prioritas kami kepada platform TNGA yang baru, mesin yang baru, kemudian adanya TSS 3.0, yang menurut kami ini merupakan fitur-fitur dasar dan semua konsumen Voxy sangat membutuhkan ini. Jadi ini is a matter of priority of features," jelasnya. 

Namun,  Anton mengatakan bila pabrikan akan terus melakukan upadate terbaru terkait kepuasan konsumen terkait fitur yang terdapat pada Toyota Voxy terbaru

"Pastinya kami akan selalu cek ke konsumen terkait fitur-fitur ini ke depannya kira-kira seperti apa. Jadi kami tidak menutup mata ke depannya untuk selalu melakukan study," tuturnya. 

Photo : Toyota Astra Motor

Sebagai informasi, TTS 3.0 merupakan generasi terbaru dari teknologi keselamatan Toyota. Dalam aplikasinya, fitur ini mengandalkan sensor dan radar.

TSS 3.0 terdiri dari empat fitur keselamatan, yaitu Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Automatic High Beam (AHB).

Memiliki beberapa hal baru, TSS 3.0 mampu mendeteksi jarak lebih luas ke depan, atas, bawah, kanan maupun ke kiri. Selain itu, deteksi ke depan juga bisa mengetahui obyek bergerak.

Keunggulan lainnya ialah improvement yang masuk dalam aspek teknis pada radar. Sementara pada LTA, terdapat peningkatan pada teknologi deteksi yang kini sudah menggunakan 3D Recognition, sehingga lebih banyak obyek terdeteksi seperti mobil terparkir, pembatas jalan, hingga garis dan marka jalan. 

Dari sisi harga, all new Toyota Voxy mengalami peningkatan kurang lebih Rp47 juta dibandingkan model lawasnya. Khusus model terbarunya, banderol yang ditawarkan berada di angka Rp588,2 juta, on the road DKI Jakarta. 

Artikel Terkait