Suzuki Ertiga Hybrid, Kesan Pertama yang Menggoda

Suzuki Ertiga Hybrid hadir dengan beberapa perubahan menarik khususnya pada teknologi baru yang digunakannya saat ini

Suzuki Ertiga Hybrid, Kesan Pertama yang Menggoda
Photo: Trenoto

TRENOTO – Suzuki Ertiga Hybrid akhirnya resmi meluncur di Tanah Air dengan beragam keunggulan yang diyakini cukup membuat kompetitornya waspada. Maklum, saat ini tidak ada LMPV di Indonesia menggunakan teknologi hybrid.

Pabrikan asal Jepang ini menghadirkan Ertiga Hybrid dalam 2 varian yaitu Sport dan GX. Perbedaan keduanya hanyalah pada sisi eksterior karena pada varian Suzuki Sport sudah dilengkapi oleh body kit tambahan.

Tak hanya itu, Suzuki juga menghadirkan Ertiga bermesin konvensional dalam varian GA dan GL. Keduanya menjadi pilihan termurah bila dibandingkan dengan hybrid.

Lantas bagaimana tampilannya? Berikut adalah ulasannya

Eksterior

Photo : Trenoto

Tampilan dari Suzuki Ertiga Hybrid Sport sejatinya tak banyak berbeda bila dibandingkan tampilan sebelumnya. Meski demikian, bila diperhatikan secara seksama tetap ada perbedaan kecil yang menjadi perhatian.

Ubahan tersebut adalah hadirnya antena baru, pelek dual tone berukuran 15 inci, chrome back door garnish, serta emblem hybrid di belakang. Selain itu, Suzuki juga menyematkan warna baru yaitu Mellow Deep Red untuk seluruh varian.

Khusus untuk tipe GX dan GL, perubahan juga hadir pada grille berbentuk berlian sehingga membuatnya terkesan elegan.

Interior

Photo : Trenoto

Masuk ke dalam kabin, ubahan paling terasa adalah dashboard. Sebelumnya dashboard Suzuki Ertiga Sport terasa elegan berkat penggunaan aksen kayu di beberapa bagian sehingga kontras dengan tampilan luarnya.

Kondisi tersebut diubah melalui ornamen carbon fiber pada dasboard agar karakter sporti tetap terasa. Tak hanya itu, Suzuki Ertiga Hybrid Sport juga sudah menggunakan pelapis jok berwarna hitam dengan jahitan merah sehingga lebih sporti

Fitur Keselamatan

Walau hanya pada varian tertinggi, tren fitur keselamatan canggih pada LMPV sudah mulai terasa. Sayangnya, Suzuki masih belum mengikuti tren karena beragam pertimbangan.

Tapi bukan berarti Suzuki Ertiga Hybrid Sport tidak memiliki fitur keselamatan. Pabrikan asal Jepang ini sudah memberikan beragam fitur yang sebelumnya tidak ada pada LMPV andalannya.

Sebut saja ESP, Hill Hold Control, Grear Shift Indicator, autolight with Guide Me Light. Fitur-fitur tersebut melengkapi Dual SRS Airbags, ABS+EBD, ISOFIX serta platform Heartect.

Mesin Berteknologi Hybrid

Photo : Trenoto

Suzuki Ertiga Hybrid masih menggunakan mesin lama yaitu K15B namun telah dikawinkan dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid. Terobosan ini terdiri dari 2 komponen baru sebagai pendamping mesin pembakaran yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery.

Kombinasi keduanya diklaim mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien dibanding teknologi konvensional. Sayangnya Suzuki menolak menyampaikan persentase efisiensi bahan bakar berkat teknologi hybrid.

Artikel Terkait