Suzuki Ertiga Sport FF, Menyelinap di Perang Avanza dan Xpander

Suzuki Ertiga Sport FF menyelinap di antara class of titans kelas low MPV antara Avanza-Xenia dengan Xpander

Suzuki Ertiga Sport FF, Menyelinap di Perang Avanza dan Xpander
Photo: Istimewa

TRENOTO – Suzuki Ertiga Ertiga Sport FF secara resmi diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Hal ini tentu makin memanaskan persaingan di kelas low MPV, di mana pada saat nyaris bersamaan diluncurkan generasi ketiga dari duet Toyota Avanza-Daihatsu Xenia dan juga model baru dari Mitsubishi Xpander.

FF di all-new Ertiga Sport memiliki arti Finest Form, Suzuki menyebutkan hal ini sebagai representasi dari line up terbaru suzuki yang mengusung tagline Semakin Bangga, Semakin Instimewa. Dan pada pengembangannya ini, tercatat terdapat 13 ubahan yang meliputi eksterior, interior termasuk fitur keselamatan.

"All New Ertiga Suzuki Sport FF dibuat dengan memperhatikan kebutuhan pelanggan, sehingga menjadi MPV terbaik di kelasnya yang akan memberikan pengalaman berkendara luar biasa,” jelas Shingo Sezaki, Presiden Direktur Suzuki Indonesia. 

Dari sisi tampilan, karakter sport pada varian FF kini  diperkuat dengan beragam permainan warna. Mulai dari  bold two tone color, front grille color, front diffuser black color with red accent color, front under spoiler list black color, outside mirror black color with red accent decal, side body black decal, side under black color with red accent color, rear upper spoiler black color, moulding back door garnish red color, rear diffuser black color with red accent color hingga black decal on rear bumper.   

Sementara pada bagian interior, Ertiga Sport FF telah dilengkapi dengan fitur yang sama seperti saudaranya Suzuki XL7 yakni E-mirror pada spion tengah. Fitur ini dapat melihat dan merekam kejadian di sekitar mobil, memudahkan pengendara selama perjalanan. Lainnya adalah aksen Red Stitch Leather Look Seat, digunakan untuk memperkuat aura sporty dan juga diklaim dapat menambah kenyamanan jok.

Beragam fitur keselamatan berkendara juga telah terdapat pada Suzuki Ertiga Sport FF. Mulai dari electronic stability programme (ESP), dual SRS airbags, ISOFIX, ABS+EBD, hill hold control untuk transmisi otomatis (AT), serta AC auto climate with heater, reverse camera & parking sensor juga projector headlamp with LED DRL. 

Memang 13 ubahan yang dilakukan Ertiga Sport FF tidak sebanding dengan revolusi Avanza-Xenia juga ubahan tampilan dan fitur dari Xpander. Suzuki sepertinya enggan bertempur frontal atau berhadap-hadapan langsung dengan clash of the titan yang terjadi di kelas low MPV. Namun setidaknya ubahan-ubahan yang dilakukan ini membuat Ertiga Sport lebih sempurna dan tentu memberikan opsi lain di antara pertarungan Avanza-Xenia serta Xpander.

All New Ertiga Suzuki Sport FF hanya ditawarkan warna White & Black (two tone color). Sementara harga OTR Jakarta model terbaru dengan transmisi manual Rp258.35 juta sedang Rp268.15 juta untuk otomatis.

Artikel Terkait