Suzuki Grand Vitara Meluncur, Ada Teknologi Hybrid

Suzuki Grand Vitara meluncur dengan beragam pengembangan menarik, termasuk kehadiran teknologi Hybrid

Suzuki Grand Vitara Meluncur, Ada Teknologi Hybrid
Photo: Trenoto
  • Oleh Adi Hidayat

  • Senin, 26 September 2022 | 18:26 WIB

TRENOTO – Maruti Suzuki Grand Vitara resmi diluncurkan di India. Salah satu mobil yang paling ditunggu di negeri tersebut ditawarkan mulai dari Rs10.45 lakh setara Rp193.7 juta hingga Rs17.05 lakh atau Rp316.1 juta.

Mobil yang merupakan kembaran dari Toyota Urban Cruiser Hyryder ini tidak hanya menawarkan teknologi Hybrid tetapi menawarkan sistem penggerak AWD. Kedua model tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat.

Grand Vitara tersedia dalam pilihan two tone colour untuk varian teratas dari Alpha, Zeta+ dan Alpha +. Pilihan varian dijual Rs16.000 (Rp2.9 juta) lebih tinggi bila dibandingkan single tone.

Photo : Carscoops

Untuk jantung pacunya Suzuki Grand Vitara dilengkapi mesin K15C berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 103 hp dan torsi 136 Nm. Mesin tersebut kemudian disandingkan transmisi 5 percepatan manual atau 6 percepatan otomatis.

Sistem penggerak AWD hanya tersedia pada varian teratas. Maruti Suzuki mengklaim bahwa konsumsi BBM hanya 21.11 km per liter untuk transmisi manual, 20.58 km per liter di transmisi otomatis serta 19.38 km per liter pada AWD manual.

Sebagai tambahan Grand Vitara juga mendapatkan mesin 3 silinder dari Toyota yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 92 hp. Mesin tersebut kemudian dikawinkan dengan motor listrik bertenaga 79 hp dan torsi 141 Nm.

Jika ditotal maka mobil sanggup menghasilkan tenaga sebesar 115 hp. Berkat teknologi ini maka konsumsi BBM akan meningkat lebih baik menjadi hanya 27.97 km per liter.

Photo : Trenoto

Meski merupakan saudara kembar, ada banyak perbedaan antara Suzuki Grand Vitara dan Toyota Hyryder. Perbedaan paling besar terlihat pada sisi eksteriornya yang menggunakan grille heksagonal berlapis krom berukuran besar.

Suzuki membuat mobil terkesan modern berkat kehadiran lampu DRL LED 3 titik serta headlamp di bawahnya. Bempernya pun sudah dilapisi aksen silver sehingga menjadikan mobil berpenampilan lebih tangguh.

Di dalam kabin terdapat sejumlah fitur menarik. Mulai dari headunit dengan layar sentuh, head-up display hingga kursi yang didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan kenyamanan.

Pada varian teratas Grand Vitara mendapatkan panoramic sunroof, kamera 360 derajat, wireless charger, ambient lighting, connected car tech, ESP, hill-hold assist, tyre pressure monitoring system dan 6 airbag.

Artikel Terkait