Suzuki Jimny 5 Pintu Bakal Meluncur di India Pakai Mesin Hybrid

Suzuki Jimny 5 pintu akan tersedia dalam pilihan mesin hybrid, diprediksi segera meluncur di India tahun depan.

Suzuki Jimny 5 Pintu Bakal Meluncur di India Pakai Mesin Hybrid
Photo: autocarindia.com

TRENOTO – Maruti Suzuki segera meluncurkan SUV Jimny 5 door atau 5 pintu di India dalam waktu dekat. Baru-baru ini, salah satu unitnya tertangkap sedang test jalan di India.

Suzuki Jimny 5 pintu diyakini akan turut hadir dalam perhelatan Auto Expo 2023. Unitnya bakal dibekali mesin mild hybrid dan dua pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan.

Model ini juga akan memboyong sistem AllGrip Pro AWD, membuatnya tangguh untuk dibawa berkendara melalui medan keras dan off road. Dari sisi ukuran, Jimny 5 pintu diprediksi memiliki panjang 3.850 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.730 mm.

Photo : autocarindia.com

Jika resmi meluncur nanti Jimny model terbaru akan menjadi SUV 4X4 paling ringan dan kompak di India. Di bagian interior disematkan komponen dasbor serupa dengan model terdahulu. Namun diprediksi akan ada tambahan sistem entertainment Android Auto dan Apple Carplay berukuran 9 inci.

Konsol untuk pengoperasian fiturnya berupa semi-digital. Fitur-fitur standar tersebut sebelumnya sudah ada di SUV Suzuki lainnya seperti Brezza dan Grand Vitara.

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Diuji Jalan, Meluncur Januari 2023

Harganya diprediksi mulai dari Rs 10 – 12 lakh atau setara Rp218.4 juta – Rp227.6 juta. Selain itu Maruti Suzuki juga diprediksi akan segera meluncurkan SUV crossover menggunakan basis Baleno di India dalam beberapa bulan ke depan. 

Sekedar informasi bahwa Suzuki New Jimny di Indonesia meluncur pada tahun 2019 di perhelatan otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Unitnya cukup diminati di Tanah Air.

Memiliki konfigurasi tiga pintu, model ini sudah dikenal di kalangan pecinta otomotif Indonesia sejak tahun 1980an. Jimny menjadi salah satu pilihan konsumen yang gemar off-roading.

Photo : Suzuki

Mengutip Databoks penjualan wholesale Suzuki Jimny mencapai 602 unit pada semester I 2022, meningkat hingga 10 kali lipat dari semester I tahun sebelumnya. Jika diakumulasi sejak tahun peluncurannya, Suzuki mencatatkan 2.920 penjualan di Indonesia.

Banyaknya peminat membuat konsumen harus sabar menunggu antrean atau inden karena terbatasnya pengiriman dari pabrik Jepang. Harganya dibanderol di angka Rp429.5 juta sampai Rp445.1 juta.

Artikel Terkait