Suzuki Karimun Wagon R Akhiri Petualangannya di Indonesia

PT Suzuki Indomobil Sales mengkonfirmasi sudah tidak lagi produksi Karimun Wagon R untuk pasar Indonesia

Suzuki Karimun Wagon R Akhiri Petualangannya di Indonesia
Photo: Suzuki

TRENOTO – Setelah absen di pameran GIIAS 2021, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya buka suara terkait hilangnya Karimun Wagon R di jajaran produk unggulan Suzuki.

Dalam wawancara bersama TrenOto, 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra mengaku pihaknya tak lagi melakukan produksi mobil Low Cost Green Car (LCGC) andalannya, untuk pasar dalam negeri.

“Jadi memang kami tak lagi melakukan produksi Karimun Wagon R untuk pasar domestik,” katanya Jumat (19/11/2021).

Meski demikian, Donny menegaskan, pihaknya masih melakukan produksi mobil berkapasitas lima penumpang tersebut untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

“Walau sudah tak produksi untuk pasar domestik, kami masih melakukan produksi untuk memenuhi kebutuhan ekspor,” ujarnya.

Photo : Suzuki

Saat disinggung alasan Suzuki tak lagi melakukan produksi Karimun Wagon R, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut menegaskan pihaknya tengah fokus pada kendaraan elektrikfikasi.

“Nanti untuk jelasnya kami akan berikan rilis resmi. Untuk sementara hanya itu yang bisa saya sampaikan,” tuturnya.

Meski tak lagi produksi untuk pasar Indonesia, Donny menyebut, mobil mungil tersebut masih bisa didapatkan di beberapa dealer resmi Suzuki. Hal ini dikarenakan stoknya masih tersedia.

“Untuk beberapa dealer kayanya stoknya masih ada ya. Jadi buat konsumen yang mau bisa hubungi dealer terdekat kami. Jadi memang saat ini tinggal menghabiskan stok saja,” tutupnya.

Karimun Wagon R sendiri menjadi pendorong peningkatan ekspor tertinggi dengan kontribusi 95 persen

Sebagai informasi, Karimun Wagon R memiliki tiga varian yakni GA, GL, dan GX. Dari sisi jantung pacu, mobil ini disematkan mesin berkode K10B tiga silinder dengan kapasitas 998 cc. 

Dengan mesin tersebut, mobil mampu melaju dengan kekuatan 68 Hp dengan torsi 90 Nm. Suzuki Karimun Wagon R tersedia dalam dua pilihan transmisi,yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Dari sisi keselamatan, terdapat dual airbags, sistem ABS serta Rack and Pinion bersama Electric Power Steering (EPS). 

Menambah kenyamanan berkendara, mobil ini dibekali suspensi Macpherson Struts dengan Torsion Roll Control Device untuk bagian depan. Sementara di bagian belakang terdapat Coil Spring with 3 link Rigid Axle dan Isolated Trailing Arm.

Artikel Terkait