Suzuki Kirim Bantuan dan Ambulans untuk Korban Semeru

Suzuki kirim bantuan ke korban letusan gunung semeru mulai dari ambulans hingga dapur umum untuk bantu masyarakat

Suzuki Kirim Bantuan dan Ambulans untuk Korban Semeru
Photo: Suzuki

TRENOTO – Suzuki kirim bantuan langsung untuk para korban erupsi Gunung Semeru. Bantuan merupakan hasil kerjasama PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan Tim Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) yang diberikan selama 5-18 Desember 2021.

Letusan gunung Semeru beberapa waktu lalu telah memberikan dampak besar bagi masyarakat sekitar. Sejumlah warga dari 8 desa pun terpaksa dievakuasi untuk menghindari bahaya yang mengancam.

“Kami turut berduka cita atas kejadian ini. Untuk itu, sebagi bentuk kepedulian, kami berinisiatif dengan cepat melakukan berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat di sana,” terang Rachmat Keliek Pangestu, Ketua Umum SCRC.

Photo : Suzuki

Suzuki Indonesia bekerja sama dengan Tim SCRC dan 4x4 AU 98 telah menempatkan bantuan beberapa personel untuk datang membantu. Bantuan yang dikirimkan adalah Carry Ambulance dan Carry Box Logistik ke lokasi posko bencana alam Indonesia Offroad Federation (IOF) serta Galena Rescue.

Tak hanya itu, Suzuki dan SCRC memberikan bantuan pelayanan medis yang dilakukan dengan cara berkeliling ke rumah warga untuk melakukan pengecekan kesehatan. Selain itu, disediakan pula unit pelayanan ambulans untuk mengantarkan korban ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pengadaan dapur umum juga dibuka untuk menyiapkan makanan siap saji bagi warga sekitar dan pendistribusian bantuan logistik ke lokasi yang membutuhkan. Pelayanan medis diberikan oleh SCRC ini merupakan bentuk kerja sama dengan dokter dari organisasi Medical Emergency Disaster and Adventure (MED-A).

Photo : Suzuki

Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada 8 desa di kabupaten Lumajang yang terdampak bencana. 5 desa terletak di kecamatan Candipuro, yaitu Sumber Wulu, Sumber Mujur, Penanggal, Candipuro dan Sumber Rejo.

Lalu 3 desa lainnya terletak di kecamatan Pronojiwo, yaitu Supiturang, Sumber Urip dan Oro Oro Ombo.

Hingga 21 Desember 2021, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bahwa jumlah masyarakat yang terdampak bencana erupsi terus bertambah. Hingga kini sudah ada lebih dari 10.000 jiwa terdampak dan sebagian besar telah berada di pengungsian.

“Suzuki Indonesia turut prihatin atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di sekitar gunung Semeru. Kami juga berterima kasih kepada tim SCRC telah sigap berkolaborasi memberikan bantuan untuk para korban seoptimal mungkin,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

 

 

Artikel Terkait