Tanpa Basa-basi, Toyota Kijang Innova EV Hadir di IIMS Hybrid 2022

Toyota Kijang Innova EV Concept hadir di IIMS Hybrid 2022 tanpa ada publikasi sebelumnya namun belum mau masuk jalur produksi

Tanpa Basa-basi, Toyota Kijang Innova EV Hadir di IIMS Hybrid 2022
Photo: Toyota

TRENOTO – Toyota Indonesia menggebrak ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, dengan menghadirkan Kijang Innova EV (Electric Vehicle). Disebut menggebrak karena mobil ini hadir tanpa banyak basa-basi.

Di tengah banyaknya kehadiran mobil listrik di Indonesia, Toyota Indonesia diam-diam mengembangkan mobil listrik berbasis baterai atau BEV (Battery Vehicle Electric).

Semakin menarik karena brand asal Jepang ini menggunakan basis Kijang Innova yang telah melegenda di Tanah Air. Mobil ini hadir di ajang IIMS Hybrid 2022 dan dipakai berkeliling pameran oleh Menko Airlangga Hartarto.

Unjuk gigi di pameran otomotif tahunan berskala internasional, Toyota Kijang Innova EV dikatakan belum masih jalur produksi. Meskipun belum dipasarkan namun dikatakan kendaraan sudah menjalani tahap quality dan safety assurance pengecekan internal.

“Meski sudah siap dikendarai, penggunaan Toyota Kijang Innova EV Concept baru untuk kepentingan studi dan sosialisasi,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Kamis (31/03).

Photo : TrenOto

Disebutkan bahwa hadirnya Kijang Innova EV atau listrik merupakan dukungan Toyota Indonesia untuk Pemerintah. Seperti diketahui, Pemerintah tengah menggiatkan percepatan pengembangan industri kendaraan listrik nasional.

Toyota mengklaim Kijang Innova EV adalah mobil konsep pertama dari brand nasional dan dirancang sepenuhnya menggunakan penggerak listrik.

“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk kebutuhan studi. Sekaligus meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tangah masyarakat,” lanjutnya.

Ia menambahkan dengan langkahnya mengembangkan kendaraan listrik menggunakan model lokal, untuk mengetahui kebutuhan masyarakat Tanah Air. Dengan memanfaatkan model lokal dan cukup populer, harapannya bisa lebih mudah diterima.

Photo : Toyota

Nama Kijang sendiri cukup akrab di telinga orang Indonesia. Karena MPV tersebut pertama kalinya diluncurkan pada Juni 1977 dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Tanah Air.

Toyota Kijang generasi pertama hadir dengan desain sederhana untuk mendukung mobilitas orang pedesaan. Seiring dengan perkembangan zaman, Kijang terus berkembang sebagai kendaraan yang handal bagi seluruh masyarakat.

Bentuk dan teknologi yang disematkan terus mengalami penyesuaian mengikuti perkembangan zaman. Hingga saat ini, Kijang menjadi mobil andalan keluarga yang paling digemari.

Artikel Terkait