Target Penjualan Mitsubishi Colt L300, Sumatera Jadi Tumpuan

Mitsubishi Colt L300 diharapkan bisa terjual sebanyak 30.000 unit pada tahun pertama kehadirannya di Indonesia

Target Penjualan Mitsubishi Colt L300, Sumatera Jadi Tumpuan
Photo: Mitsubishi

TRENOTO – Mitsubishi Colt L300 diyakini bisa menjadi salah satu tulang punggung penjualan dengan penjuakan cukup besar. Tak tanggung-tanggung, mobil buatan Filipina ini diharapkan bisa terjual sebanyak 30.000 unit di tahun pertama.

Jumlah tersebut dinilai masuk akal karena selama ini Mitsubishi Colt L300 memang telah mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Berdasarkan data yang disampaikan, pada Januari-Mei 2022, mereka telah menguasai pasar pick up hingga 63 persen.

Tidak heran bila mobil tersebut telah berhasil terjual 660.000 unit sejak 1981 hingga Mei 2022. Jumlah yang sangat besar sehingga wajar bila PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberi perhatian lebih.

Photo : Mitsubishi

“Target penjualan tentu sebanyak-banyaknya, sesuai kebutuhan pasar. Tapi bila merujuk angka, maka kami yakin dapat menjual sedikitnya 30.000 unit pada tahun pertama,” ungkap Tetsuro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

Sumatera diperkirakan masih menjadi pasar terbesar Mitsubishi Colt L300 di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, jumlah penjualannya bisa mencapai 750 unit per bulan.

“Untuk penjualan domestik, pasar terbesar adalah wilayah Sumatera dengan 750 unit per bulan. Kemudian posisi berikutnya Jawa Timur yang bisa terjual sekitar 300 unit per bulan,” ungkap Irwan Kuncoro, Diretor of Sales and Marketing Division PT MMKSI.

Photo : Mitsubishi

Banyaknya jumlah permintaan tersebut dipastikan bisa terpenuhi meski mobil tidak lagi diproduksi di Indonesia melainkan dikirim langsung dari Filipina. Jarak yang dinilai dekat dianggap bukan masalah besar.

Mitsubishi Colt L300 kini telah menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.268 cc DOHC 4 Cylinder Inline, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 97.8 hp dan torsi 200 Nm atau sekitar 40 persen lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Yang menarik adalah mobil tersebut kini sudah memenuhi aturan Euro4 sesuai ketentuan pemerintah. Dengan demikian emisi gas buangnya diklaim telah lebih baik bila dibandingkan sebelumnya.

Selain mesin, kapasitas angkut juga kini dibuat lebih besar. Hal ini karena ukuran kargo yang sudah ditingkatkan hingga 200 mm menjadi 2.630 mm dan membuat pebisnis lebih mudah untuk mengangkut barang bawaannya.

Untuk harga, Mitsubishi Colt L300 ditawarkan dalam 2 varian yaitu Pick-up Flat Deck dan Cabin Chassis. Untuk varian pertama dibanderol Rp218.65 juta sementara pilihan berikutnya hanya Rp213.65 juta.

Artikel Terkait