Target Penjualan Toyota Land Cruiser dan New Fortuner Tidak Muluk

Target penjualan Toyota Land Cruiser dan Fortuner terbilang tidak muluk karena bergantung situasi pandemi

Target Penjualan Toyota Land Cruiser dan New Fortuner Tidak Muluk
Photo: Toyota

TRENOTO – Toyota berharap all new Toyota Land Cruiser dan new Fortuner yang baru diluncurkan mampu menjawab kebutuhan pelanggan. Terlebih, keduanya hadir dengan beragam keunggulan menarik.

Hadir dari 2 segmen berbeda, Land Cruiser dan new Fortuner tentunya memiliki target penjualan yang berbeda. Hal ini diungkapkan oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor.

“All new Land Cruiser adalah premium SUV dan merupakan salah satu model flagship Toyota. Biasanya mobil ini digunakan oleh para pejabat pemerintah, TNI dan top management perusahaan swasta serta mereka yang menyukai mobil 4x4,” ungkapnya.

Photo : Toyota

Walau diterpa pandemi Covid-19, penjualan Toyota Land Cruiser terbilang stabil, terbukti ketika di 2020 masih terjual 200-an unit dan 2021 berhasil menyentuh 95 unit. Adanya generasi baru, maka diharapkan penjualan tahun ini mencapai 300 unit.

“Toyota Fortuner tahun lalu juga luar biasa penjualannya karena didukung oleh insentif PPnBM sehingga bisa mencapai 22.000-an unit. Jumlah ini meningkat jauh bila dibanding tahun sebelumnya sehingga setidaknya kami bisa mempertahankannya,” tambah Anton kemudian.

Meski terkesan masuk akal, Anton menegaskan tercapai tidaknya target penjualan Toyota tersebut sangat bergantung pada situasi kondisi negara. Pasalnya bila pandemi kembali memburuk maka bukan tidak mungkin penjualan kendaraan akan mengalami penurunan kembali.

Photo : Toyota

“Tahun lalu market sudah ditutup dengan angka sangat baik yaitu lebih dari 800 ribu bahkan mendekati 900 ribu unit, lebih tinggi dibandingkan 2020. Sehingga semoga tahun ini market kembali baik sehingga pasar otomotif nasional bisa di atas 900.000 unit,” pungkas Anton.

Awal 2022 Toyota menghadirkan 2 SUV andalannya yaitu all new Land Cruiser serta new Fortuner ke pasar Tanah Air. Kedua mobil tersebut hadir untuk mendongkrak penjualan segmen SUV yang kini sudah semakin besar.

All new Toyota Land Cruiser hadir dalam 2 varian yaitu VX-R dan GR Sport serta mengadopsi mesin V6D-turbo berkapasitas 3.346 cc berkode F33AFTV. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 300 Hp pada 4.000 rpm serta torsi 700 Nm pada 1.600 – 2.600 rpm.

Sementara Toyota Fortuner hadir bersama 2 mesin baru yaitu 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler dan 2GD-FTV 2.393 cc 4  silinder VNT Intercooler. Keduanya menghadirkan karakter berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Artikel Terkait