Target Utama Mitsubishi di Indonesia Bukan Sekedar Penjualan

Target Utama Mitsubishi adalah kepuasan pelanggan dan bukan hanya sekedar besarnya total penjualan di Indonesia

Target Utama Mitsubishi di Indonesia Bukan Sekedar Penjualan
Photo: Mitsubishi

TRENOTO – Untuk pertama kalinya dalam 5 tahun terakhir, Mitsubishi berhasil meraih posisi ketiga penjualan mobil terbesar di Indonesia. Hasil tersebut tentu merupakan sebuah prestasi tersendiri karena menunjukkan semakin diterimanya produk mereka di Tanah Air.

Meski demikian, pencapaian tersebut rupanya bukanlah tujuan utama Mitsubishi di Tanah Air. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menegaskan bahwa pihaknya lebih mengutamakan kepuasan pelanggan yang menjadi target utama Mitsubishi ketimbang total penjualan kendaraan.

“Jadi target kami bukan mencapai rangking 1, 2 atau 3 karena capaian tersebut bisa diraih melalui kepuasan pelanggan. Pada 2021, kami berhasil meningkatkan kepuasan pelanggan melalui produk dan jangkauan kami ke konsumen,” terang Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Ia pun menambahkan bahwa pada tahun ini, Mitsubishi akan kembali memberikan produk serta pelayanan terbaik mereka. Bila itu semua sudah tercapai maka angka penjualan nantinya akan mengikuti.

“Di 2022, misi kami adalah memberikan produk serta layanan terbaik demi kepuasan pelanggan. Pada akhirnya ini akan memberikan hasil positif, entah itu akan mencapai nomor 1, 2 atau 3 kita tunggu saja,” tambahnya.

Sepanjang 2021 Mitsubishi telah menjual sedikitnya 104.407 unit yang terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 68.152 unit dan kendaraan niaga ringan sebanyak 36.225 unit. Dari jumlah tersebut, Mitsubishi Xpander menjadi model terlaris melalui penjualan sebesar 28.424 unit, disusul oleh Xpander Cross 22.383 unit, Pajero Sport 17.137 unit serta Eclipse Cross 183 unit.

Photo : Mitsubishi

Sementara itu untuk penjualan di segmen kendaraan komersial, L300 menjadi model terlaris dengan perolehan sebesar 27.110 unit. Kemudian Triton di posisi berikutnya berkat hasil penjualan sebesar 9.009 unit.

Tak hanya itu, Mitsubishi sendiri juga telah menyiapkan beragam strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di Tanah Air. Beragam layanan terbaru sudah disiapkan serta telah menyesuaikan dengan tren masa kini.

Salah satunya adalah membuka layanan official store di sejumlah e-commerce di Tanah Air. Layanan ini diberikan bagi pelanggan yang ingin merawat kendaraannya sendiri namun tetap menggunakan suku cadang asli Mitsubishi.

Langkah tersebut akan melengkapi beberapa strategi yang sudah dilakukan sebelumnya seperti penambahan jaringan diler. Dengan demikian akses masyarakat terhadap kendaraan Mitsubishi akan menjadi lebih mudah.

Artikel Terkait