Tesla Tersingkir, Mobil Listrik Paling Laris Disabet Xpeng

Mobil listrik paling laris saat ini bukan dipegang oleh Tesla lagi, namun pabrikan mobil asal China Xpeng berhasil mengalahkannya

Tesla Tersingkir, Mobil Listrik Paling Laris Disabet Xpeng
Photo: gizmochina

TRENOTO – Tesla sebagai produsen mobil listrik kini punya lawan sepadan yang datang dari negeri China. Penjualan mobil listrik paling laris kini disabet oleh Xpeng.

Dilansir Gizmochina, Xpeng berhasil menjual mobil listrik pintar P7 sebanyak 100 ribu unit. Xpeng P7 merupakan mobil listrik jenis sedan sport yang diluncurkan pada 27 April 2020.

Tidak hanya mendapat predikat sebagai mobil listrik terlaris, Xpeng P7 berhasil mendapatkan bintang 5 dengan total skor 89.4 persen, untuk skor keselamatan dari China New Car Assesment Program (C-NCAP).

Sementara skor tertinggi dari C-NCAP sendiri disebutkan mencapai 98.51 persen. Hasil yang diraih Xpeng P7 sudah mendekati skor terbaik.

Bahkan dikatakan ini merupakan kendaraan pertama yang menerima peringkat bintang 5, dari platform pengujian kendaraan cerdas i-Vista (Intelligent Vehicle Integrated System Test Area) di China.

Photo : gizmochina

Mobil ini mendapat empat peringkat sangat baik dalam hal mengemudi, keselamatan, interaksi, dan efisiensi energi.

Xpeng P7 juga mendapatkan peringkat sangat bagus dalam hal bantuan pengemudi. Baik itu perubahan jalur, pengereman darurat AEB, LDW (Lane Departure Warning) juga dalam kehalusan dan kekayaan layar sentuh serta interaksi suara.

Popularitas kendaraan listrik dan pengakuan pelanggan terhadap kualitas dan fungsionalitas sedan sport P7 semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dengan diambil alihnya dominasi penjualan mobil listrik di China dari Tesla ke P7.

Guna menandai tonggak sejarah baru tercipta ini, Xpeng menghadirkan P7 edisi khusus yang diberi nama “Black Label Edition”. Mobil produksi pabrik Zhaoqing ini disiramkan cat serba hitam pada kendaraan sesuai dengan namanya.

Adapun Xpeng P7 juga dibekali dengan sistem bantuan pengemudi XPilot 3.0. Sistem tersebut terkoneksi dengan Navigation Guided Pilot (NGP).

Photo : gizmochina

Lalu adalagi sistem Valet Parking Assist (VPA). Fitur-fitur di atas tentunya bisa semakin memudahkan pengendara awam sekalipun untuk mengemudi.

Xpeng sendiri dikabarkan melakukan pengiriman kendaraan listrik hampir 13 ribu unit pada Januari 2022. Adapun hal ini merupakan kenaikan signifikan sebesar 115 persen jika dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Dikatakan Xpeng telah mengirimkan kendaraan lebih dari 10 ribu unit selama lima bulan berturut-turut. Dari 13 ribu unit yang dikirimkan, 6.707 unit merupakan P7.

Artikel Terkait