TRENOTO – Tim mekanik purnajual UD Trucks Indonesia menutup tahun dengan kemenangan di Gemba Challenge 2022, Ageo, Jepang. Ajang ini merupakan kompetisi purnajual untuk para mekanik UD Trucks di seluruh dunia.
Kompetisi Gemba Challenge 2022 ini diadakan setiap dua tahun sekali, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) baik pelayanan, penjualan, maupun purnajual di industri angkutan truk. Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat mempromosikan semangat kerja tim.
“Kontes ini merupakan bukti nyata bahwa seluruh sumber tenaga manusia di Indonesia dapat bekerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standar global dan dapat memenuhi tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan setia produk UD Trucks di Indonesia,” ucap Rachmat Samulo, Vice President Director UD AMI.
Baca juga: UD Trucks Fokus Kelestarian Lingkungan di GIIAS 2022
Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2014. Meski sempat vakum selama empat tahun, pada ajang keempatnya tahun ini ada lebih dari 2000 peserta perwakilan UD Trucks dari berbagai negara yang meramaikan.
Kualifikasi Gemba Challenge 2022 dilakukan pada Februari 2022. Dua putaran pertama dilakukan secara online atau berupa teori. Sedangkan putaran final digelar secara langsung di UD Experience Center, Ageo, Jepang, kantor pusat UD Trucks. Acara digelar selama dua hari pada 9 – 10 November 2022.
Ada enam tim yang tersering dalam putaran final; dua tim dari Indonesia, satu tim dari Afrika Selatan, satu tim dari Arab Saudi, satu tim dari Thailand, dan satu tim dari Filipina. Tim berkompetisi menunjukkan keterampilan dan pengetahuan dalam menyelesaikan masalah terkait kendaraan heavy duty Quester.
Dua tim yang memenangkan ajang tersebut, yaitu ID team dari United Tractors sebagai juara pertama dan tim Keciwis dari Astra International Sales Operations menempati juara kedua.
“Jelas terlihat semangat 'Gemba Spirit' — yaitu profesionalitas, penuh gairah, dan dapat diandalkan. Semangat ini telah mendorong kami semua yang berada di UD Trucks untuk terus memberikan kualitas tinggi dari pelayanan purnajual kepada pelanggan kami sejak pendirian perusahaan kami. Dalam konteks ini, rekan kerja UD bagian lini depan yang berpartisipasi dalam kompetisi ini telah mewakili UD Gemba Spirit dengan baik,” ujar Ali Rachman, Aftersales Service Manager UD Trucks Indonesia.