Tips Aman Belajar Nyetir Mobil Bagi Pemula

Perlu memperhatikan beberapa hal penting, pengemudi pemula harus mengetahui tips aman belajar nyetir mobil

Tips Aman Belajar Nyetir Mobil Bagi Pemula
Photo: 123RF

TRENOTO – Belum terbiasa, pengemudi pemula biasanya gugup saat harus memacu kendaraannya di jalan. Hal ini tentu beresiko terjadi kecelakaan yang mungkin menimpa pengemudi juga pengguna jalan lain apabila salah mengambil keputusan.

Dilansir beberapa sumber, TrenOto telah merangkum tips aman belajar nyetir mobil bagi pemula. Berikut ulasannya.

  • Memilih Pengajar Profesional

Belajar dari pengajar profesional merupakan solusi utama. Selain memberikan arahan dan pembelajaran, pengajar telah memahami bagaimana menangani pengemudi pemula yang gugup.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan teknik mengemudi dari pengajar profesional, bisa menyambangi kursus menyetir mobil terdekat.

Tak hanya itu, mobil yang digunakan juga telah aman karena telah dimodifikasi sehingga risiko terjadi kecelakaan lebih kecil.

Photo : 123RF

  • Mengatur Posisi Tempat Duduk

Mengatur posisi tempat duduk merupakan hal penting ketika berkendara. Pengemudi perlu memperhatikan ketinggian jok sehingga pandangan lebih luas dan tak terhalang dashboard.

Selanjutnya sesuaikan jarak jok dengan pedal gas, rem dan kopling. Atur senyaman mungkin agar posisi jok tak terlalu jauh serta terlalu dekat.

Perhatikan juga sandaran jok Anda, apakah sudah dalam posisi paling nyaman. Meski terlihat sepele, pengaturan ini sangat bermanfaat ketika mobil berakselerasi.

Jika pengemudi sudah merasa nyaman, kepanikan dan rasa gugup saat menyetir diharapkan dapat berkurang.

Artikel Terkait