Tips Merawat Kulit Jok Mobil agar Tetap Segar

Ada beberapa tips merawat kulit jok mobil yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah untuk menjaga tampilannya

Tips Merawat Kulit Jok Mobil agar Tetap Segar
Photo: Istimewa

TRENOTO – Merawat kulit jok mobil bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi untuk kendaraan sering dipakai alias harian.

Tentu bakal sangat mudah terkena noda-noda membandel. Selain itu jika tidak dirawat dengan baik bisa membuat kulit jok menjadi lusuh.

Akan tetapi menurut Budi pemilik bengkel Black Interior Car Leather Seat ada cara mudah yang bisa dilakukan. Dengan begitu konsumen tidak perlu takut lagi akan rusak.

Photo : TrenOto

Hal pertama yang Anda bisa lakukan adalah pembersihan kulit jok mobil. Langkah ini dapat dilakukan satu minggu sekali, tergantung seberapa sering kendaraan digunakan.

“Biasanya dapat pakai cairan khusus pembersih jok, biar kerak dan kotoran tidak menempel serta meninggalkan bekas,” ujar Budi saat ditemui beberapa waktu lalu.

Sebagai catatan, cairan digunakan tidak boleh sembarangan. Soalnya bahan kimia pada suatu produk yang tidak sesuai rekomendasi bisa berdampak buruk.

Anda bisa memakai kain microfiber bersih saat pengaplikasiannya. Gosok secara lembut agar serat-seratnya tidak mudah rusak.

Akan tetapi ketika mendapati kerak yang cukup lengket disarankan menggunakan sikat lembut. Jika sudah mulai menghilang bisa dilanjutkan dengan kain microfiber.

Baca Juga: Menyegarkan Interior Honda HR-V Seperti Baru, Modalnya Segini

Selanjutnya adalah menjaga kelembapan kulit jok. Penting dilakukan soalnya jika tidak maka akan retak-retak atau paling parah sampai sobek.

“Saya biasanya menggunakan gel kondisioner biar warnanya terjaga serta bahanya tetap lembut. Bisa dilakukan dua minggu atau sebulan sekali,” lanjutnya.

Jok yang pecah-pecah bahkan robek permukaanya disebabkan dari kondisi kulit kering dan terkena gesekan celana jeans maupun barang-barang ketika Anda menggunakan mobil untuk bepergian.

Lebih lanjut menurutnya setelah dua hal di atas dilakukan ada baiknya membersihkan secara berkala kulit jok Anda. Bisa dilakukan setiap 3-6 bulan.

Di sisi lain menurut Budi ada beberapa kebiasan tidak boleh dilakukan di dalam mobil. Seperti merokok sebab jika baranya terjatuh bisa melubangi jok mobil Anda.

Photo : TrenOto

Kerusakan pada jok kulit juga sering diakibatkan aktivitas makan dan minum di dalam mobil. Tidak hanya noda yang tertinggal tetapi bakal muncul semut serta serangga lainnya.

Terakhir jangan sering-sering memarkirkan kendaraan di area panas. Sinar matahari langsung akan membuat kabin mobil suhunya meningkat berdampak kulit jok menjadi pecah-pecah.

Artikel Terkait