Toyota BZ4X Electric Dikenalkan, Mulai Dijual Tahun Depan

Toyota BZ4X Electric mulai dikenalkan dan diharapkan bisa menjadi SUV listrik andalan yang akan dijual tahun depan

Toyota BZ4X Electric Dikenalkan, Mulai Dijual Tahun Depan
Photo: Carscoops
  • Oleh Adi Hidayat

  • Selasa, 23 November 2021 | 08:00 WIB

TRENOTO – Toyota akhirnya mulai fokus untuk mengembangkan mobil listrik dengan meluncurkan model terbaru mereka. Mobil tersebut adalah Toyota bZ4X Electric yang akhirnya melakukan debutnya di Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Mobil listrik kini semakin diterima oleh masyarakat dunia. Kondisi tersebut membuat pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk terus mengembangkan kendaraan listrik agar tidak tertinggal dalam persaingan.

Salah satunya adalah Toyota, produsen mobil asal Jepang ini boleh dikatakan sedikit tertinggal dengan beberapa brand lain dalam mengembangkan kendaraan listrik. Namun mereka terus melakukan pengembangan hingga berhasil mengenalkan Toyota bZ4X yang akan dijual di Amerika Serikat pada pertengahan tahun depan.

Photo : Istimewa

Bila melihat dari tampilannya, Toyota seakan ingin menciptakan trennya sendiri. Dari sisi depan, Toyota bZ4X tampil dengan desain grille tertutup seperti perisai. Headlamp telah menggunakan LED dan didesain lebih tipis sehingga mobil terasa lebih modern.

Bergerak kesamping, kesan tajam pada mobil lebih terasa berkat garis-garis aerodinamika yang disematkan. Sementara di belakang, Toyota telah memasangkan lampu LED yang memanjang sehingga memberi kesan modern pada mobil.

Untuk dimensi, Toyota bZ4X memiliki panjang 4.689 mm, lebar 1.859 mm, tinggi 1.648 mm dan wheelbase mencapai 2.850 mm. Dengan konfigurasi dimensi tersebut, Toyota menjanjikan kelapangan pada kabin kendaraan.

Toyota terkesan bermain aman untuk pemilihan warna pada interior kendaraan. Hal ini terlihat dari warna hitam menonjol tanpa dibarengi dengan warna-warna lain. Meski demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa desain yang disajikan terbilang menarik.

Selain sudah dilengkapi dengan layar display yang lebar, SUV listrik ini juga menggunakan lingkar kemudi berdesain menarik. Lingkar kemudi ini juga dibekali dengan beragam tombol sehingga bisa dipastikan pengemudi bisa dengan mudah menguasai fitur kendaraan.

Photo : Istimewa

Toyota akan menghadirkan dua tipe penggerak untuk bZ4X yaitu FWD dan AWD dengan menggunakan baterai berkapasitas 71.4 kWh. Pada varian FWD, baterai yang diletakkan di bawah lantai ini akan menyuplai daya ke motor listik di bagian depan dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 201 hp. Dengan ini maka mobil akan berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 8.4 detik dan menempuh perjalanan sejauh 500 km.

Sementara untuk varian AWD dibekali dengan dua motor listrik dengan total tenaga yang dihasilkan adalah 215 hp. Dengan ini, mobil bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7.7 detik. Namun karena bobotnya lebih berat, mobil hanya bisa berjalan sejauh 460 km.

Sebagai tambahan, Toyota menawarkan panel surya untuk ditempatkan di atap mobil. Panel surya ini memberikan tambahan daya listrik tambahan sehingga mobil bisa berjalan lebih jauh dibandingkan model standar.

Artikel Terkait