Toyota bZ4X Laku 1.300 Unit dalam Sebulan

Mobil listrik Toyota bZ4X laku 1.300 unit, ini salah satu tanda penerimaan masyarakat memasuki era elektrifikasi.

Toyota bZ4X Laku 1.300 Unit dalam Sebulan
Photo: Istimewa

TRENOTO – Mobil listrik keluaran Toyota, bZ4X mendapatkan respon yang positif di masyarakat. Sebelumnya mobil ini meluncur pada 10 November 2022.

Toyota bZ4X menjadi salah satu bentuk komitmen Toyota untuk mendukung masa transisi menuju era elektrifikasi sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan kendaraan listrik.

Henry Tanoto, Vice President Toyota Astra Motor (TAM) memaparkan bahwa di tahun ini semakin banyak model mobil yang mengisi deretan elektrifikasi. Toyota sendiri meluncurkan 15 model baru termasuk kendaraan listrik yaitu bZ4X dan Kijang Innova Zenix.

Photo : Toyota

Melihat banyaknya lini kendaraan listrik maupun hybrid ia yakin prospeknya akan semakin membaik seiring berjalannya waktu. Toyota juga berkomitmen untuk membuka akses kepada seluruh masyarakat dengna menyematkan teknologi hybrid ke model yang populer.

“Kedua market di tahun ini sepertinya bisa mendekati market tahun 2019. Wholesales market elektrifikasi tahun ini cukup signifikan,” ucap Henry saat acara Toyota Media Gathering di Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (8/12).

Penjualan mobil listrik murni bZ4X sendiri mencatatkan angka yang cukup tinggi. Hal ini disampaikan oleh Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director Toyota Astra Motor.

“Jadi bZ4X sampai kemarin sekitar hampir satu bulan launch itu demandnya sudah melebihi dari 1.300 unit jumlah totalnya,” ucap Anton.

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota bZ4X, Cukup Bayar DP 30 Persen

Untuk diketahui bZ4X sebelumnya telah diperkenalkan sebagai kendaraan pendukung KTT G20 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Ini merupakan model pertama dengan platform e-TNGA, membuat baterainya bisa diintegrasikan ke dalam sasis agar aman dari benturan.

Dari sisi baterai, bZ4X memiliki kapasitas yang besar yaitu 71.4 kWh. Dengan baterai tersebut mobil listrik ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km. 

Baterainya menggunakan teknologi terbaru untuk menjaga suhunya stabil yaitu Water Cooling System. Menyatu dengan sistem AC mobil, teknologi ini dapat menstabilkan suhu baterai dan menjaga performa serta keamanan baterai.

Photo : TrenOto

Bicara soal fitur keselamatan, bZ4X dilengkapi dengan fitur Advanced Park. Fitur ini dapat membantu pengemudi saat akan parkir paralel atau parkir mundur sehingga tidak perlu menggerakkan kemudi.

Kemudian unitnya sudah dilengkapi dengan teknologi Toyota Safety Sense dan T Intouch yang menghubungkan pengguna dengan kendaraan dengan layanan mobilitas Toyota. Mobil listrik ini dibanderol di angka Rp1.19 miliar.

Artikel Terkait