Toyota Corolla Cross Bensin Resmi Disuntik Mati, Ini Alasan TAM

Resmi diperkenalkan di Indonesia dua tahun lalu, Toyota Corolla Cross bensin menghilang dari websiter resmi TAM

Toyota Corolla Cross Bensin Resmi Disuntik Mati, Ini Alasan TAM
Photo: Toyota Astra Motor

TRENOTO – Setelah memeriahkan pasar otomotif Tanah Air selama dua tahun, Toyota Corolla Cross bensin resmi disuntik mati. Hal ini terlihat dari website resmi Toyota Astra Motor (TAM) yang tak lagi memajang mobil lima penumpang tersebut.

"Iya untuk saat ini fokus ke Toyota Corolla Hybrid," kata Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada TrenOto, Kamis (4/8/2022).

Dari sisi penjualan, Toyota Corolla Cross Hybrid memang lebih laris dibandingkan versi konvensional. Hal ini terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Photo : Toyota Astra Motor

Pada tahun pertama kemunculannya, versi hybrid mampu terjual hingga 652 unit sedangkan Toyota Corolla bensin hanya mampu menyumbang 449 unit. Penjualann hybrid semakin meningkat di 2021, karena penjualannya berhasil menyentuh 1.304 unit.

Berbanding terbalik dengan versi ramah lingkungan, versi bensin mobil ini justru mengalami penurunan penjualan di 2021. Tercatat sepanjang tahun angka yang mampu dicapai hanya 215 unit.

"Kalau untuk versi hybrid kami masih jual hingga saat ini. Konsumen bisa melakukan pembelian melalui diler resmi Toyota," tutur Anton.

Untuk sektor jantung pacu, Corolla Cross bensin disematkan teknologi Dual VVT-i dengan tenaga cukup impresif. Memiliki mesin berkode 2ZR-FE, tenaga yang mampu dihasilkan berada di angka  138 hp pada 6.400 rpm dan torsi mencapai 171 Nm pada 4.000 rpm.

Photo : Toyota Astra Motor

Sedangkan Corolla Cross hybrid dibenamkan mesin bensin berkapasitas 1.800 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 96 hp pada putaran 5.200 rpm dan torsi mencapai 142 Nm pada 3.600 rpm. Tersedia juga motor yang mampu menghasilkan tenaga tambahan sampai 71 hp dengan torsi hingga 162 Nm.

Kenyaman berkendara juga terasa dengan hadirnya beragam fitur keamanan, salah satunya rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir serta immobilizer.

Terkait harga, Toyota Corolla Cross bensin dan hybrid tak terpaut jauh. Calon konsumen hanya perlu menambah Rp40 juta untuk bisa mendapatkan versi ramah lingkungan saat pertama kali diluncurkan. 

Artikel Terkait