Toyota dan Suzuki Siap Hadirkan SUV Listrik Murah dan Ngacir

Melihat perkembangan industri otomotif, Toyota dan Suzuki siap menghadirkan SUV listrik dengan harga terjangkau

Toyota dan Suzuki Siap Hadirkan SUV Listrik Murah dan Ngacir
Photo: Gaadiwaadi

TRENOTO – Menjalin kerjasama, Toyota dan Suzuki siap menghadirkan SUV listrik dengan harga terjangkau. Meluncur 2025, mobil terbaru ini kabarnya memiliki beragam keunggulan. 

Seperti dilansir Gaadiwaadi, Senin (14/2/2022), model tersebut akan dikembangkan sesuai kebutuhan masing-masing merek. Meski memiliki beberapa persamaan, desain yang disematkan kedua pabrikan berbeda.  

Menggunakan kode nama YY8 secara internal, SUV listrik milik Suzuki menggunakan desain baru yang lebih radikal dibandingkan jajaran yang telah ada. Tak hanya itu, mobil ini juga dinilai lebih futuristik. 

Akan dikembangkan secara global, mobil SUV terbaru ini memiliki panjang keseluruhan 4,2 meter atau lebih besar dan lebar dibandingkan Hyundai Creta.

Bila dilihat dari spesifikasi yang disematkan, mobil ini siap bersaing dengan MG ZS EV karena memiliki panjang wheelbase hingga 2.700 mm. Tak hanya itu, Suzuki YY8 juga memiliki harga terjangkau karena dibanderol di angka Rs 13 hingga 15 lakh atau setara dengan Rp246,7 juta hingga Rp284,6 juta.

Menggunakan komponen lokal, mobil dengan kode YY8 ini memiliki paket baterai dari TDSG. Tak hanya itu, perusahaan asal China, BYD juga akan membantu biaya impor baterai lithium-ion agar lebih terjangkau. 

Menggunakan platform 27PL atau 40PL milik Toyota, mobil ini menawarkan banyak ruang dengan desain interior futuristik dan kabin yang luas bagi penumpang. Layaknya SUV perkotaan, mobil ini memiliki desain mungil yang memudahkan pengendara memarkirkan kendaraannya. 

Photo : 123RF

Meski tak ada keterangan resmi terkait jantung pacu, SUV terbaru ini kabarnya memiliki dua pilihan roda penggerak, yakni 2WD dan AWD.

Sebagai kendaraan entry-level, varian 2WD memiliki jarak tempuh 400 kilometer dan mampu menghasilkan tenaga hingga 138 hp karena disematkan motor listrik tunggal serta baterai 48 kWh. 

Khusus varian AWD, terdapat pengaturan e-motor ganda yang mampu menghasilkan tenaga hingga 170 hp dan paket baterai 59 kWh. Dengan daya baterai yang lebih besar, jarak tempuh kendaraan juga lebih jauh, yakni 500 kilometer hanya dalam sekali pengisian daya. 

Walau siap memeriahkan pasar kendaraan ramah lingkungan secara global, hingga saat ini belum ada keterangan resmi terkait negara ekspor. 

Artikel Terkait