Toyota Gandeng BYD Kembangkan Corolla Listrik

Toyota gandeng BYD untuk menghadirkan mobil listrik berbasis Corolla yang lebih terjangkau untuk pasar China

Toyota Gandeng BYD Kembangkan Corolla Listrik
Photo: 123RF

TRENOTO – Toyota bekerjasama dengan produsen mobil asal China yakni BYD untuk mengembangkan produk elektrifikasi untuk pasar China. Diketahui Toyota gandeng BYD untuk menghadirkan Corolla sebagai sedan bertenaga listrik harga terjangkau.

Dilansir dari CarAdvice, kolaborasi kedua belah pihak tidak hanya sampai di sana. Mereka akan terus menghadirkan mobil listrik harga terjangkau untuk pasar Tiongkok.

Nantinya akan adalah produk setelah Corolla listrik murah yaitu Beyond Zero (BZ). Digadang-gadang hasilnya nanti akan diperkenalkan pertama kalinya dalam kesempatan pameran otomotif tahun depan.

BZ sendiri dikabarkan menggunakan baterai jenis baru yakni lithium-ion-phosphate (LFP) ‘Blade’. Mobil ini dikembangkan lebih jauh oleh pakar teknologi elektrifikasi BYD di China.

Disebutkan bahwa produk terbarunya akan masuk ke dalam segmen medium. Artinya harga yang ditawarkan lebih murah daripada Tesla Model Y, namun setingkat di atas mobil listrik termurah di China yaitu Hong Guang Mini.

Photo : 123RF

Produk kendaraan bertenaga listrik hasil garapan Toyota dan BYD nantinya akan dipasarkan dengan harga bersaing. Berdasarkan kabar yang beredar harganya mulai dari 200 ribu Yuan atau sekitar Rp453 jutaan.

Bicara desain seperti telah disebutkan di awal, proyek kolaborasi ini mengambil basis dari Corolla. Maka tampilannya tidak akan jauh berbeda, hanya pada bagian buritannya saja yang dibuat lebih besar.

Mobil listrik sudah mulai mendapat perhatian lebih dari brand asal Jepang tersebut. Mereka terus mengembangkan berbagai jenis kendaraan elektrifikasi nan inovatif.

Elektrifikasi dianggap sebagai solusi aktif dalam melindungi bumi dari pencemaran karbon hasil gas buang. Toyota juga kerap terlibat aktif dalam upaya penghijauan.

Di Indonesia sendiri mereka belum banyak menghadirkan kendaraan listrik. Toyota Indonesia percaya bahwa elektrifikasi di Tanah Air dimulai dari mobil hybrid.

PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk pertama kalinya memasarkan produk elektrifikasi pada 2009 melali Prius Hybrid. Lalu model-model lainnya berdatangan setelahnya.

Dikatakan Toyota Corolla Cross Hybrid yang pertama kali diluncurkan pada 2020 mendapat respon positif dari masyarakat. SUV ramah lingkungan tersebut terus meningkat penjualannya.

Artikel Terkait