Toyota Gelar Seminar Bareng ITB Bahas Mobil Listrik

Kembangkan era baru elektrifikasi, Toyota gelar seminar bersama civitas akademika ITB (Institut Teknologi Bandung)

Toyota Gelar Seminar Bareng ITB Bahas Mobil Listrik
Photo: TrenOto

TRENOTO – Toyota Indonesia gandeng ITB untuk menggelar seminar nasional tahap empat terkait era elektrifikasi industri otomotif Tanah Air. Seminar mengambil tema “Strategi Transisi Pengembangan xEV Menuju NZE dan Manajemen Unit in Operation (UIO) di Indonesia”.

Diharapkan dari acara ini bisa memberi kontribusi positif serta bersama-sama berkolaborasi mewujudkan penurunan emisi karbon. Dalam seminar, Toyota kembali menyampaikan komitmennya mengembangkan kendaraan listrik dengan pendekatan multi-pathway.

Menurut mereka, pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT), strategi transisi serta manajemen UIO merupakan bagian integral sekaligus kunci keberhasilan mencapai Net Zero Emission (NZE).

Photo : TrenOto

“Kehadiran rangkaian seminar nasional ini diharapkan dapat menjawab berbagai tantangan era elektrifikasi dan mendorong terciptanya strategi yang komperhensif guna mengakomodir beragamnya kebutuhan kendaraan elektrifikasi,” ujar Bob Azam, Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN.

Toyota meyakini bawa era elektrifikasi tidak boleh meninggalkan industri otomotif nasional. Mereka yakin bahwa setiap teknologi mobilitas memiliki perannya masing-masing dan semua harus dikembangkan untuk memenuhi tujuan bersama.

Inilah alasan kenapa mereka berkomitmen untuk menyediakan semua teknologi elektrifikasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Mulai kendaraan hemat bahan bakar hingga mobil berteknologi elektrifikasi yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV) dan hidrogen.

Baca juga : Toyota Indonesia Kembangkan Kualitas SDM untuk Kendaraan Listrik

Sebelumnya Toyota telah mendukung penyelenggaraan rangkaian aktivitas 3 Seminar Nasional di berbagai perguruan tinggi. Semua seminar tersebut mengangkat tema besar “100 Tahun Industri Otomotif Indonesia Mewujudkan NZE”.

Pada tahap pertama, seminar nasional diselenggarakan di Universitas Diponegoro (UNDIP) di Semarang di 25 Mei 2022. Ketika itu tema yang diambil adalah “Komitmen Indonesia terhadap Net Zero Emission, Kontribusi Masing-Masing Sektor dan Tantangannya,”.

Kemudian tahap kedua Toyota berkolaborasi dengan civitas akademia Universitas Udayana (UNUD) di Bali 27 Juli 2022. Tema yang diangkat adalah “Bali untuk Pariwisata Hijau & Berkelanjutan Menuju Net Zero Emission di Indonesia”.

Photo : Toyota

Sementara tahap ketiga diselenggarakan dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Surabaya pada 11 Oktober 2022. Tema yang diangkat adalah “Transisi Energi Baru Terbarukan Menuju Net Zero Emission (NZE) dan Tantangannya.”

Pada tahapan selanjutnya akan menyambangi Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS) serta Universitas Indonesia (UI).

Artikel Terkait