Toyota GR86 Melantai di GIIAS 2022 Harga Rp900 Jutaan

Toyota GR86 melantai di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022

Toyota GR86 Melantai di GIIAS 2022 Harga Rp900 Jutaan
Photo: TAM

TRENOTO – Toyota GR86 melantai di ajang pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2022. Sports car terbaru Toyota tersebut hadir bersamaan dengan 5 model GR Sport lainnya.

GR yang memiliki makna Gazoo Racing dikatakan semakin diminati oleh konsumen di Indonesia. Model Toyota dengan emblem GR disebut menjadi favorit pelanggan setianya.

“Kami bersyukur hingga Juli 2022 kemarin, secara total sudah lebih dari 106 ribu unit dari 8 unit GR menjadi pilihan masyarakat. Adapun rata-rata komposisi penjualan ritel GR Sport mendominasi sebesar 67 persen,” tutur Anton Jimmy Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Photo : TAM

Toyota GR86 yang meneruskan tongkat estafet dari salah satu produk legendaris jenama asal Jepang tersebut, dikenal menyenangkan untuk dikendarai. Terinpirasi dari AE86, Toyota GR86 juga dikembangkan untuk mudah dimodifikasi.

Mobil sport ini merupakan model sports car ketiga GR secara global bersama GR Supra dan GR Yaris. Mendapat sentuhan langsung dari Toyota Gazoo Racing (TGR), GR86 membuat performa mobil terbukti di beberap kejuaraan.

Baca juga : Mobil Listrik Toyota bZ4X Diperkenalkan di GIIAS 2022

Sejak diperkenalkan secara global pada 2021, mobil sports bergaya kupe tersebut menjadi semakin digemari para pendukungnya.

Kendaraan ini tidak hanya mengalami ubahan pada sektor eksterior, namun klaimnya disematkan mesin baru yang lebih bertenaga. Sumber daya kendaraan mencapai 2.4L dan menggunakan mesin tipe boxer atau silinder sejajar.

Hasilnya kendaraan menjadi lebih mudah untuk melakukan akselerasi maupun manuver. Tipe mesin tersebut di atas juga membuat center of gravity yang rendah.

Photo : TAM

Jantung pacu kendaraan tersebut memiliki rasio kompresi serupa dengan versi sebelumnya yakni 12.5 : 1. Klaim pabrikan outputnya meningkat 14 persen dari generasi terdahulu.

Besaran tenaga yang dihasilkan menanjak menjadi 231 hp pada 7.000 rpm. Lalu torsi puncaknya sebesar 250 Nm pada 3.700 rpm.

“Kami bersyukur Toyota 86 bisa melebihi ekspektasi pelanggan terhadap sebuah sports car. Hingga Juli 2022 lebih dari 800 unit Toyota 86 telah menjadi pilihan pelanggan di Indonesia,” ungkap Anton kemudian.

Selain GR86, Toyota juga memamerkan Agya GR Sport, Raize GR Sport, Yaris GR Sport dan Fortuner GR Sport.

Artikel Terkait