Toyota Indonesia Kembangkan Kualitas SDM untuk Kendaraan Listrik

Toyota Indonesia mengembangkan kualitas SDM khususnya generasi muda untuk memastikan kesiapan kendaraan listrik

Toyota Indonesia Kembangkan Kualitas SDM untuk Kendaraan Listrik
Photo: Toyota

TRENOTO – Toyota Indonesia kembali menggelar Seminar Nasional: 100 Tahun Industri Otomotif Indonesia Mewujudkan Net Zero Emission di Indonesia “Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bali Menuju Net Zero Emission di Indonesia”. Seminar tersebut digelar bersama Universitas Udayana.

Ini adalah seminar nasional kedua setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di Unversitas Dipenogoro (UNDIP), Semarang. Dengan adanya seminar diharapkan dapat menunjukkan komitmen Toyota dalam mengembangkan kendaraan listrik.

“Kami ingin mendukung Pemerintah, civitas akademia dan industri untuk mengembangkan sistem mobilitas yang ramah lingkungan di Bali sebagai best practice destinasi wisata hijau,” ujar Bob Azam, External Corporate Affairs Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Photo : Toyota Astra Motor

Toyota Indonesia juga meyakini bahwa ekosistem hijau harus didukung oleh pengembangan SDM, khususnya generasi muda. Hal ini karena mereka akan memegang peran dan menjadi elemen terpenting di masa depan.

Setidaknya diperlukan SDM yang memiliki 50 spesifikasi dan keahlian baru di bidang elektrifikasi ketika mengenyam pendidikan tinggi. Dengan demikian ketika lulus, SDM tersebut akan siap untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Seminar nasional akan kembali diselenggarakan di beberapa perguruan tinggi dalam beberapa waktu ke depan. Di antaranya adalah Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Muda (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Indonesia (UI).

Photo : PLN

Tak hanya SDM, TMMIN juga telah melakukan beragam terobosan dalam pengembangan kendaraan listrik. Salah satunya adalah kehadiran Toyota Kijang Innova EV yang telah ditunjukkan pada awal 2022.

Kehadirannya pun langsung mendapat respon positif dari masyarakat. Terlebih selama ini Toyota lebih banyak fokus dalam pengembangan mobil hybrid ketimbang listrik murni.

Toyota Motor Corporation (TMC) juga sudah menegaskan komitmennya dalam pengembangan mobil listrik di Indonesia. Hal ini mereka sampaikan pada pertemuan Toyota dengan Pemerintah Indonesia di Tokyo, Jepang.

Dalam pertemuan tersebut mereka siap untuk menggelontorkan investasi sebesar Rp27.1 triliun dalam 5 tahun ke depan. Besarnya dana dapat digunakan untuk mengembangkan kendaraan listrik yang sesuai kebutuhan masyarakat.

“Kami berharap dengan penambahan jumlah investasi di Indonesia, Pemerintah memahami keseriusan kami terhadap elektrifikasi kendaraan bermotor,” tegas Shigeru Hayakawa, Vice Chairman of the Board of Directors of TMC.

Artikel Terkait