Toyota Innova Hycross Dikenalkan November, Dijual Tahun Depan

Toyota Innova Hycross dikabarkan akan dikenalkan di India pada November 2022 dan dijual mulai Januari 2023

Toyota Innova Hycross Dikenalkan November, Dijual Tahun Depan
Photo: Autocar India

TRENOTO – Toyota dikabarkan segera mengenalkan Innova Hycross di India pada November 2022 dan menjualnya di Januari 2023. Mobil ini dikabarkan hadir dengan pengembangan baru guna menjawab kebutuhan masyarakat global.

Dilansir dari Autocar India, Toyota Innova Hycross akan menanggalkan sasis ladder frame yang terus menjadi andalannya. Sebagai gantinya mereka menggunakan sasis monocoque agar lebih ringan serta canggih.

Tak hanya sasis, sistem penggerak belakang juga akan diubah menjadi depan. Secara umum, Innova Hycross memanfaatkan platform TNGA-C yang telah digunakan untuk Corolla.

Photo : Facebook Natthaphon Matsarat

Meski belum ada informasi jelas terkait mobil ini, beragam data sudah banyak bocor. Salah satunya adalah dimensi kendaraan yang kini memiliki panjang 4.700 mm dan wheel base 2.850 mm.

Dimensi baru ini pun menjanjikan kabin lebih lapang sehingga membuat kenyamanan di dalam meningkat dibanding sebelumnya.

Tak hanya itu, Toyota Innova Hycross juga tidak memiliki pilihan mesin diesel. Sebagai gantinya mereka akan menghadirkan mesin bensin berteknologi hybrid sehingga diharapkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Toyota Kijang Innova Hybrid di Indonesia

Sementara di Indonesia, kabar kehadiran Toyota Kijang Innova hybrid juga cukup santer terdengar. Hal ini karena Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian pernah menyampaikan bahwa kendaraan tersebut akan diproduksi dan diluncurkan di Tanah Air.

Namun menurut Indra Chandra, Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) menyematkan teknologi hybrid tidaklah mudah. Ada banyak perhitungan yang harus dilakukan agar teknologi berfungsi optimal.

Photo : TrenOto

“Prosesnya kami siapkan dengan hati-hati, karena ini era baru bagi Toyota Indonesia. Contoh, biasanya kami menggunakan daya sebesar 12 volt dan sekarang disuruh mengerjakan baterai di atas 300 volt,” tegasnya.

Pada ajang IIMS 2022, Toyota sebenarnya sudah menampilkan Kijang Innova EV sebagai salah satu unit yang ditampilkan. Mobil tersebut bahkan sudah sempat dikendarai oleh Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Meski belum diluncurkan, kemunculan Toyota Kijang Innoba EV dinilai sangat penting. Pasalnya MPV tersebut diharapkan bisa menjadi bukti kesiapan mereka dalam menyambut era mobil elektrifikasi di Indonesia.

Artikel Terkait