Toyota Innova Reborn Masih Dijual Bareng Zenix

PT Toyota Astra Motor (TAM) masih memasarkan Innova Reborn untuk para konsumen setianya dan tersedia varian diesel

Toyota Innova Reborn Masih Dijual Bareng Zenix
Photo: TrenOto

TRENOTO – PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan Innova Reborn masih dipasarkan berbarengan dengan model terbarunya. Seperti diketahui bahwa Toyota Kijang Innova Zenix resmi meluncur kemarin (21/11).

Innova Reborn ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni bensin 2.0L 4 silinder DOHC dengan kode 1TR-FTV. Jantung pacu berkubikasi 1.998 cc tersebut mampu menghasilkan daya 137 hp dan torsi puncak 183 Nm.

Sementara Innova Reborn juga tersedia varian mesin diesel 2.4L VNT (Variable Nozzle Turbocharger) dan intercooler. Sumber daya kendaraan tersebut dipercaya mampu menyemburkan 149 hp dan torsi puncak 350 Nm.

Photo : OLX

Pilihan mesin diesel menjadi favorit masyarakat Tanah Air karena dikenal tangguh dan efisien. Oleh karena itu varian mesin peminum solar tersebut mendominasi penjualan.

Namun hadirnya Toyota Kijang Innova Zenix kemarin memberikan perbedaan. Karena model terbaru tersebut tidak tersedia pilihan mesin diesel.

“Jadi untuk konsumen khususnya fleet yang masih membutuhkan model lama, kita masih menjual tipe G baik bensin maupun diesel. Jadi kalau masih dibutuhkan tetap bisa order,” jelas Anton Jimmi Suwandi, Direktur Marketing PT TAM.

Baca juga : Skema Kredit Toyota Kijang Innova Zenix, Ada Cicilan Ringan

Sebagai gantinya pabrikan mobil asal Jepang tersebut menghadirkan sumber daya hybrid. Innova hybrid diklaim lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Kijang Innova Zenix

Kemunculan Toyota Kijang Innova Zenix dengan bermodalkan mesin baru dan bobot lebih ringan. Anton mengatakan efisiensi produk terbarunya lebih baik, sehingga tidak varian mesin diesel tidak ikut serta pada model Zenix.

“Berdasarkan pengujian internal kami dengan rute kombinasi Innova Zenix bisa mencapai 15 km/liter, sedangkan Zenix Hybrid sanggup 21 km/liter. Sementara Innova Reborn bensin 12 km/liter dan 14 km/liter untuk varian diesel,” kata Anton di sela peluncuran.

Toyota Kijang Innova Zenix menggendong mesin 2.0L dan didukung motor listrik yang membuatnya lebih efiesien. Bahkan mesin bensinnya sendiri sudah lebih irit daripada model sebelumnya.

Photo : TAM

Jantung mekanis varian bensin dipercaya mampu menghasilkan daya 171 hp pada 6.600 rpm dan torsi puncaknya 204 Nm pada 4.500 – 4.900 rpm. Sedangkan varian hybridnya menyemburkan daya 149 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 187 Nm pada 4.400 – 5.500 rpm.

Lalu pada versi hybrid didukung motor listrik yang mampu memuntahkan daya sebesa 111 hp dengan torsi 205 Nm.

Innova Zenix dikatakan meninggalkan sasis model bertingkat atau biasa disebut ladder frame. Mobil keluarga legendaris ini mengusung rangka monokok seperti Voxy yang menggunakan platform TNGA GA-C.

Sehingga kesan kaku pada kendaraan menjadi hilang dan berganti dengan kenyamanan layaknya sebuah sedan.

Artikel Terkait