Toyota Innova Zenix Racikan Karawang Bakal Masuk Pasar Afrika

Setengah dari jumlah produksi Toyota Innova Zenix akan diekspor hingga ke 50 negara di berbagai wilayah termasuk Afrika

Toyota Innova Zenix Racikan Karawang Bakal Masuk Pasar Afrika
Photo: TAF
  • Oleh Adi Hidayat

  • Jum'at, 02 Desember 2022 | 07:28 WIB

TRENOTO – Toyota Kijang Innova Zenix dipastikan akan kembali menjadi salah satu model andalan untuk memenuhi kebutuhan pasar luar negeri. Hal ini disampaikan oleh Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur Toyota Manufacturing Motors Indonesia (TMMIN).

Tak tanggung-tanggung, Ia mengatakan bahwa dari seluruh produksi Toyota Innova Zenix yang diproduksi di TMMIN setengahnya akan dikirim keluar negeri. Kebijakan ini dilakukan mulai tahun depan.

“Ekspor akan dilakukan mulai tahun depan ke 50 negara seperti Asia, Timur tengah dan yang terbaru adalah kawasan Afrika. Tapi untuk negara mana saja, saya belum bisa sebutkan,” ungkapnya.

Photo : TrenOto

Sementara itu Bob Azam, Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN mengatakan bahwa saat ini jumlah ekspor kendaraan Toyota telah mengalami peningkatan. Mobil yang dikirimkan keluar negeri sepanjang 2022 telah naik 40 persen dibanding periode serupa tahun lalu.

“Ekspor mengalami kenaikan sekitar 40 persen yang didominasi oleh Avanza, Fortuner dan Innova,” ungkapnya.

Tingginya peningkatan jumlah ekspor disebabkan oleh banyak hal. Namun Ia yakin faktor terbesar adalah mulai pulihnya perekonomian setelah membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di sejumlah negara tujuan.

Baca juga : Toyota Kijang Innova Zenix Buatan Karawang Siap Ekspor 40 Negara

Melalui kehadiran Toyota Kijang Innova Zenix maka diharapkan jumlah ekspor tahun depan bisa menjadi lebih baik dibanding tahun ini. Terlebih Afrika merupakan pasar baru yang baru akan digarap TMMIN.

Sayangnya Ia tidak menyebut apakah ada perbedaan spesifikasi khususnya dari baterai antara pasar domestik dan ekspor. Namun sebagai model global perbedaan tentu tidak akan signifikan.

Toyota Kijang Innova Zenix pertama kali meluncur pada 21 November 2022 dan langsung menjadi model andalan untuk menyambut era kendaraan elektrifikasi. Jantung mekanisnya menggunakan mesin berkode M20A-FXS yang dikawinkan dengan teknologi hybrid generasi kelima.

Kombinasi keduanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 183 hp serta torsi sebesar 205 Nm. Meski memiliki tenaga besar, konsumsi bahan bakarnya diklaim tetap optimal dibanding generasi sebelumnya.

Photo : TrenOto

Guna menambah kenyamanan berkendara, Toyota Kijang Innova Zenix juga telah disematkan sistem penggerak roda dua. MPV legendaris tersebut juga tidak lagi memanfaatkan sistem transmisi sebelumnya dan digantikan CVT (Continious Variable Transmission).

Innova Zenix sekarang sudah tidak ditawarkan varian transmisi manual. Adapun mobil menggunakan transmisi 10 percepatan CVT.

Artikel Terkait