Toyota Jadi Brand Mobil Paling Dicari di Google Sepanjang 2021

Toyota berhasil menjadi brand mobil paling dicari di Google sepanjang 2021 dengan memimpin hasil pencarian di 47 negara

Toyota Jadi Brand Mobil Paling Dicari di Google Sepanjang 2021
Photo: Compare The Market

TRENOTO – Toyota menjadi brand mobil paling dicari di Google sepanjang 2021. Berdasarkan data dari Compare The Market, ada 154 negara yang dianalisis dan 47 di antaranya dikuasai oleh pabrikan asal Jepang tersebut.

Dengan hasil tersebut maka Toyota menguasai sedikitnya 31 persen penelurusan dan berhak mempertahankan gelar yang sebelumnya sudah mereka dapatkan di 2020. Meski demikian, pencapaian ini sebenarnya mengalami penurunan dari hasil sebelumnya dengan capaian 34.8 persen.

Pencarian Toyota mengalami lonjakan signifikan pada bulan November 2021. Hal ini karena Toyota mengumumkan akan memproduksi kembali suku cadang dari AE86 Corolla sebagai bagian dari GR Heritage Parts Project.

Photo : 123RF

Adapun penurunan terhadap persentase Toyota dibanding tahun lalu adalah mulai munculnya brand-brand lain yang mendapat porsi lebih besar. Audi serta Hyundai misalnya berhasil mengalami peningkatan pencarian dibanding tahun lalu serta memperbaiki posisinya.

Sementara itu, BMW yang pernah menjadi brand paling banyak dicari di google 2019 kembali harus puas di posisi kedua. Pabrikan mobil asal Jerman ini hanya menguasai pencarian mobil di 29 negara dan umumnya berada di Eropa serta berhasil menguasai pencarian di Afrika Selatan.

Sedangkan posisi ketiga berhasil diraih oleh Mercedes berkat merajai pencarian di 23 negara. Pabrikan asal Jerman ini telah menduduki posisi ketiga sejak 2018 serta menjadi brand dengan peningkatan terbesar karena berhasil mengambil beberapa negara dari Toyota dan BMW.

Photo : New York Post

Untuk pertama kalinya, Tesla berhasil masuk ke dalam daftar brand paling dicari di Google. Keberadaan Tesla menunjukkan masyarakat dunia sudah mulai mencari mobil listrik sebagai tunggangannya khususnya di Hong Kong, Israel, Makau, Singapura and China.

Sementara Suzuki yang sejak 2018 tidak pernah masuk ke pencarian global kini mengalami peningkatan. Pabrikan mobil berlogo S ini telah berhasil menjadi brand paling dicari di beberapa negara.

Hal serupa juga diraih oleh Mazda dan Rolls Royce karena untuk pertama kalinya menduduki peringkat teratas di sebuah negara sejak 2018. Sebaliknya, Volkswagen, Mitsubishi, Alfa Romeo dan Daewoo justru terlempar dari posisinya hingga tidak masuk daftar merek kendaraan paling banyak dicari di negara mana pun pada tahun 2021.

Artikel Terkait