Toyota jadi produsen mobil terlaris di dunia

Toyota jadi produsen mobil terlaris di dunia dengan total penjualan mencapai 10.5 juta unit atau naik lebih dari 10 persen

Toyota jadi produsen mobil terlaris di dunia
Photo: Trenoto

TRENOTO – Toyota kembali menjadi brand mobil terlaris di dunia sepanjang 2021 setelah berhasil mengalahkan Volkswagen yang harus puas duduk di posisi kedua. Keberhasilan ini membuat pabrikan asal Jepang menjadi produsen mobil terlaris di dunia 2 tahun berturut-turut.

Selama ini persaingan penjualan kendaraan terlaris di dunia memang cukup sengit terlebih di masa pandemi. Baik Toyota maupun Volkswagen masing-masing telah terpukul akibat pandemi Covid-19 dan penjualan di seluruh dunia pun terdampak.

Meski demikian, produsen Avanza ini berhasil memproduksi sedikitnya 10.5 juta kendaraan sepanjang 2021 dari seluruh perusahaannya. Jumlah penjualan ini naik sekitar 10.1 persen, bila dibanding total penjualan tahun sebelumnya dan membuat Toyota jadi produsen mobil terlaris di dunia.

Photo : Antara

Namun patut diingat bahwa total penjualan tersebut merupakan hasil penjumlahan dari grup Toyota secara keseluruhan. Ini artinya penjualan Lexus, Daihatsu dan Hino yang merupakan anak perusahaan pun ikut dihitung.

Sementara itu, Volkswagen yang duduk di posisi kedua harus puas dengan angka penjualan sebesar 8.9 juta unit. Penjualan tersebut turun 5 persen dari capaian tahun sebelumnya yang sebenarnya terbilang baik.

Jika dibandingkan pada penjualan 2020, maka ketika itu Toyota hanya unggul tipis dengan total penjualan sebesar 9.5 juga unit. Sementara Volkswagen di posisi kedua berhasil duduk di posisi kedua berkat total penjualan sebesar 9.3 juta unit di seluruh dunia.

Artikel Terkait