Toyota Minta Subsidi Mobil Hybrid Seperti Listrik Murni

Toyota minta subsidi untuk mobil hybrid seperti layaknya kendaraan listrik murni kepada Pemerintah RI

Toyota Minta Subsidi Mobil Hybrid Seperti Listrik Murni
Photo: Istimewa

TRENOTO – Rencana pemerintah memberi subsidi pada sepeda motor listrik rupanya mendapat perhatian tersendiri dari pabrikan mobil. Pasalnya, subsidi dapat membuat masyarakat menjadi lebih mudah mendapatkan produk sesuai keinginannya.

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) adalah salah satu yang bereaksi terhadap kebijakan tersebut. Toyota minta subsidi dan menilai bila aturan serupa dilakukan pada mobil listrik dan hybrid maka hasilnya akan positif.

“Harapannya begitu (mobil elektrifikasi dapat insentif tambahan). Karena hampir semua negara yang berhasil mengakselerasi kendaraan listrik, menerapkan cashback seperti di China, Amerika Seirkat dan Thailand,” ungkap Bob Azam, Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN.

Photo : TrenOto

Namun Ia mengakui bahwa setiap negara memiliki cara berbeda untuk mengembangkan potensi industri. Kebijakan pun tentu akan mempertimbangkan kondisi masyarakat di negara tersebut.

Ia pun menyampaikan bahwa bila mobil elektrifikasi dapat insentif tambahan, maka tidak bisa hanya diberikan pada Battery Electric Vehicle (BEV) saja. Pasalnya kendaraan listrik sangat luas dan memiliki keunggulan berbeda.

“Kami berharap mobil hybrid dapat insentif karena prinsipnya seluruh masyarakat ingin berpartisipasi mengurangi emisi dan menghemat bahan bakar. Dengan Toyota Kijang Innova Zenix hybrid saja, konsumsi bahan bakar sudah lebih hemat 50 persen, bila seluruh mobil bisa melakukannya maka kontribusinya pun akan besar,” tambahnya.

Baca juga : Harga Toyota Kijang Innova Zenix Mulai Rp419 Juta

Toyota Kijang Innova Zenix telah menjadi model andalan untuk menyambut era kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Jantung mekanisnya menggunakan mesin berkode M20A-FXS yang dikawinkan dengan teknologi hybrid generasi kelima.

Kombinasi keduanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 183 hp dan torsi sebesar 205 Nm. Besarnya tenaga tersebut diyakini cukup untuk menjawab kebutuhan berkendara masyarakat di Indonesia.

Meski memiliki tenaga yang cukup besar, konsumsi bahan bakarnya diklaim tetap optimal dibanding generasi sebelumnya. Bahkan berdasarkan pengujian internal, Toyota menemukan fakta bahwa mobil dapat menempuh perjalanan sejauh 21 km menggunakan 1 liter bensin.

Photo : Toyota

Guna menambah kenyamanan berkendara, Toyota Kijang Innova Zenix juga telah disematkan sistem penggerak roda dua. MPV legendaris tersebut juga tidak lagi memanfaatkan sistem transmisi sebelumnya dan digantikan CVT (Continious Variable Transmission).

Innova Zenix sekarang sudah tidak ditawarkan varian transmisi manual. Adapun mobil menggunakan transmisi 10 percepatan CVT.

Artikel Terkait