Toyota Produksi Avanza Hybrid Mulai Tahun Depan

Toyota Indonesia dikabarkan siap memproduksi Avanza Hybrid mulai tahun depan yang dinilai cocok untuk pasar Tanah Air

Toyota Produksi Avanza Hybrid Mulai Tahun Depan
Photo: Pribadi

TRENOTO – Toyota Avanza hybrid akan masuk jalur produksi mulai 2022 karena dianggap cocok untuk pasar Indonesia. Mobil tersebut tidak perlu di charge layaknya kendaraan listrik sehingga nyaman bagi para penggunanya.

Melihat hal ini, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)  menegaskan pihaknya akan menambah jajaran produk terbaru di segmen hybrid. Berbeda dengan model yang sudah ada, kendaraan tersebut diklaim mampu menarik minat konsumen.

“Jadi statemennya kita akan memproduksi new model HEV (hybrid electric vehicle). Udah sampai situ. Modelnya yang disukai masyarakat Indonesia,” kata Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono di sela acara GIIAS 2021.

Saat disinggung segmen Low MPV yang akan disasar Toyota dengan mobil hybrid terbarunya, Warih enggan mengungkapkannya lebih jauh. Meski demikian, Ia memastikan, model yang akan dihadirkan ialah segmen yang banyak menyita perhatian masyarakat Tanah Air.

Tak hanya pasar domestik, pabrikan mobil asal Jepang tersebut juga menegaskan, pihaknya akan langsung melakukan ekspor mobil hybrid terbarunya untuk beberapa negara di Asia dan South Amerika.

Photo : Toyota

“Jadi kita memproduksi HEV itu konsen ke market demand. Tapi jangan dilupakan bahwa kita juga punya kewajiban mengembangkan juga ekspor di negara Asia dan South Amerika. Mereka masih nemerlukan mobil seperti ini.  Kita perhatikan benar. Jadi domestik launch, satu dua bulan kemudian kita akan ekspor,” tuturnya.

Siap diproduksi tahun depan, Warih mengaku sejumlah persiapan telah dilakukan Toyota Indonesia agar mampu memenuhi target yang telah ditentukan. “On the way,” ujarnya singkat.

Seperti diketahui, saat ini telah memiliki kendaraan dengan teknologi elektrifikasi, khususnya yang hybrid. Sedikitnya terdapat 10 model hybrid, plug-in hybrid (PHEV), maupun kendaraan listrik yang telah beredar di Indonesia.

Menjadi salah satu pabrikan otomotif raksasa secara global, wajar bila Toyota tak ingin ketinggalan moment menjadi pelopor kendaraan ramah lingkungan. Terlebih, penjualan mobil Toyota masih menjadi yang teratas di Indonesia hingga saat ini. 

Toyota Indonesia juga membuka peluang akan hadirnya model lain yang akan disematkan teknologi hibrida tersebut. Modelnya sendiri merupakan yang sudah diterima baik oleh pasar Tanah Air.

Artikel Terkait