Toyota xEV Center, Fasilitas Edukasi Elektrifikasi di Karawang

Toyota xEV Center hadir di Karawang 3 sebagai pusat pembelajaran masyarakat mengenai kendaraan ramah lingkungan

Toyota xEV Center, Fasilitas Edukasi Elektrifikasi di Karawang
Photo: TMMIN

TRENOTO – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengembangkan fasilitas pembelajaran elektrifikasi dan energi hijau. Toyota xEV Center milik TMMIN ini diresmikan oleh jajaran Kementrian Perindustrian RI, kemarin (19/05).

Kendaraan ramah lingkungan yang terus bermunculan di Indonesia, selaras rencana pemerintah untuk masa depan lebih baik. Fasilitas yang didirikan oleh TMMIN, dikatakan memiliki peranan penting untuk mendidik dan menginspirasi masyarakat mengenai kendaraan listrik.

“Kami berharap Toyota xEV Center dapat menjadi katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia,” tulis Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian.

Seperti disebutkan di atas, Presiden Joko Widodo sudah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Nilai Ekonomi Karbon (KEK). Dengan dukungan internasional pada 2030 emisi karbon harus menyusut hingga 41 persen.

Photo : TMMIN

Untuk bisa mewujudkannya dibutuhkan seluruh elemen masyarakat, stakeholders dan industri yang sangat berperan mengurangi karbon. Industri otomotif sendiri memiliki andil dalam menyebarkan pemahaman dan pengetahuan kepada publik.

Bahwa sangat penting Indonesia segera bertransformasi menuju era elektrifikasi. Seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat berkontribusi untuk meminimalisasi emisi, dengan menggunakan kendaraan elektrifikasi yang beragam.

“xEV Center merupakan wujud nyata kolaborasi dan sinergi positif triple helix antara Pemerintah, Akademisi dan Industri otomotif. Toyota percaya mencapai netralitas karbon harus ada solusi praktis dan berkelanjutan,” ujar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT TMMIN.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Toyota mendukung pemerintah dalam upaya berkelanjutan dalam mencapai target netralitas karbon. Salah satunya melalui fasilitas xEV Center yang bisa memberikan pengetahuan kepada publik mengenai sistem elektrifikasi.

Photo : TMMIN

Toyota sendiri memiliki beberapa teknologi yang telah digunakan untuk mencapai tujuan netralitas karbon. Adapun teknologinya meliputi Flexi engine (bio-fuel), HEV (Hybrid Electric Vehicle), PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), BEV (Battery Electric Vehicle) dan FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle).

Seluruh produk elektrifikasi Toyota dikatakan akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

xEV Center milik Toyota didirikan di pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area saat ini 600 m2. Proses pembangunan fase pertama telah berlangsung sejak 2020.

Artikel Terkait