Truk Mitsubishi Fuso Laku Ribuan Unit Secara Online Saat Pandemi

Truk Mitsubishi Fuso berhasil terjual ribuan unit secara online di masa pandemi Covid-19 di Indonesia

Truk Mitsubishi Fuso Laku Ribuan Unit Secara Online Saat Pandemi
Photo: Trenoto
  • Oleh Adi Hidayat

  • Jum'at, 12 November 2021 | 07:40 WIB

TRENOTO – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengklaim telah beradaptasi dengan baik dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia. Salah satu parameter dari kesuksesan tersebut adalah tingginya hasil penjualan truk secara online.

Selama pandemi Covid-19, mobilitas masyarakat memang ditekan sedemikian rupa demi memutus mata rantai penularan virus. Kondisi tersebut memaksa masyarakat untuk lebih beradaptasi khususnya dalam kegiatan perekonomian. Salah satu cara efektif adalah dengan melakukan transaksi jual beli secara online.

Transaksi penjualan online ternyata tidak hanya terjadi pada penjualan barang-barang rumah tangga. Hal yang sama ternyata dirasakan pada jual beli kendaraan komersial, artinya sektor ini juga tetap mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia di masa pandemi.

Photo : Trenoto

Terbukti, penjualan online truk Mitsubishi Fuso pada beberapa e-commerce tergolong tinggi. Catatan penjualannya secara online mencapai angka 1.000 unit sejak terobosan sistem ini dilakukan pada 2020.

Tak hanya itu, teknologi-teknologi yang selama ini sudah dikembangkan oleh Mitsubishi Fuso juga ternyata sangat membantu para pengusaha memantau kendaraan mereka. Salah satunya adalah Runner, alat yang membantu pemilik kendaraan untuk mengelola armada mereka dari kejauhan. Teknologi ini bisa memantau lokasi dan situasi kendaraan seperti tekanan ban hingga sisa bahan bakar.

“Semua truk Mitsubishi Fuso yang dijual sejak tahun 2017 telah dilengkapi dengan Runner. Dan sekarang  sudah ada 144.000 unit truk dengan Runner berada di jalan Indonesia. Selain itu, Mitsubishi Fuso baru-baru ini memperkenalkan aplikasi baru yang disebut "Runner Driver" yang dibuat khusus untuk pengemudi truk dalam memantau pesanan pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku pengemudi dan laporan kinerja”, ujar Naoya “Rocky” Takai, Presiden Direktur PT. KTB.

Pada kesempatan ini, Mitsubishi Fuso juga menyatakan kesiapannya untuk memenuhi regulasi Euro4 yang akan dilakukan mulai 2022. Mereka menegaskan bahwa pihaknya telah memiliki pengalaman terhadap mesin Common Rail yang menjadi kunci dalam memenuhi regulasi tersebut.

Seiring dengan ini, pihak Fuso juga memastikan akan mempersiapkan sparepart, teknisi dan jaringannya pada fase transisi menuju Euro4. Hal ini sangat penting guna memastikan tidak ada masalah yang timbul saat fase transisi dilakukan.

Artikel Terkait