UD Truck Punya Senjata Hadapi Euro 4

UD Truck punya senjata hadapi Euro 4 di Indonesia melalui teknologi bernama SCR (Selective Catalytic Reduction)

UD Truck Punya Senjata Hadapi Euro 4
Photo: ud truck

TRENOTO – Kebijakan pemerintah dalam penerapan standar emisi Euro 4 akan mulai berlaku Maret 2022. Sebagai salah satu upaya mendukung kesiapannya, UD Truck punya senjata hadapi Euro 4 dengan mengembangkan pengolahan gas buang melalui katalis canggih yakni Sistem SCR.

Untuk diketahui sistem SCR urea UD Truck adalah pertama didunia yang dikembangkan pada kendaraan-kendaraan berat seperti truk. Sistem ini pertama kali diaplikasikan pada model andalan mereka UD Truck Quon pada 2004.

Aloysius Chrisnoadhi, Vice President UD Trucks Indonesia menyatakan bahwa pihaknya tentu terus berkomitmen mendukung program pemerintah. Apalagi terhadap pengurangan emisi kendaraan.

"Seluruh bagian pengembangan riset dan teknologi kami serta diler juga aftermarket telah berupaya maksimal untuk menyiapkan kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan berbagai program perkembangannya," kata Chirsnoadhi.

Photo : ud truck

Untuk diketahui, SCR bekerja sebagai pengolahan emisi akan mengurangi polutan berbahaya yang dihasilkan oleh pembakaran. Material berbahaya yang mampu ditekan untuk tidak mengotori udara seperti nitrogen oksida (NOx) dan partikulat lainnya.

NOx yang menjadi sisa pembakaran akan diolah oleh teknologi SCR dan dibantu oleh katalis dari urea atau juga dikenal dengan nama AdBlue. SCR akan menyuntikan AdBlue pada gas buang dari mesin dan menghasilkan nitrogen serta uap air yang tidak berbahaya, diklaim dapat mengurasi gas NOx hingga 90% sekaligus mengurangi gas HC serta CO hingga 50-90%.

Artikel Terkait