Usia Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Bisa 10 Tahun

Usia baterai Suzuki Ertiga Hybrid ternyata bisa lebih dari 10 tahun asalkan tidak dimodifikasi sembarangan

Usia Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Bisa 10 Tahun
Photo: Trenoto

TRENOTO – Suzuki Ertiga hybrid hadir sebagai pilihan baru di segmen LMPV. Teknologinya diklaim cocok untuk menjadi batu loncatan sebelum memasuki era mobil listrik yang harganya masih terlalu tinggi untuk sebagian masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS di sela-sela peluncuran. Menurutnya penjualan terbesar di Indonesia masih didominasi mobil seharga kurang dari Rp300 juta.

“Untuk itulah Suzuki Ertiga hybrid hadir dan ditawarkan dengan harga kompetitif agar pasar masyarakat terbiasa sehingga lebih mudah ke era mobil listrik di masa depan,” tegas Donny.

Photo : Trenoto

Namun perhatian banyak tertuju pada baterai lithium ion, salah satu komponen penentu efisiensi bahan bakar Suzuki Ertiga. Pasalnya bila mengalami kerusakan, maka biaya penggantiannya cukup besar yaitu Rp15 juta.

“Bila digunakan dengan benar, maka usia baterai Suzuki Ertiga Hybrid setidaknya mencapai 10 tahun. Asalkan melakukan perawatan rutin, tidak dimodifikasi dan sebagainya maka bisa lebih lama,” ungkap Donny pada wartawan

Guna memberi ketenangan kepada pelanggan maka baterai mobil pun diberikan garansi 5 tahun atau 100.000 Km. Lamanya waktu tersebut diyakini dapat memberi ketenangan kepada pelanggan selama memiliki kendaraan.

Biaya Perawatan Kompetitif

Photo : Trenoto

Selain bisa menjadi pilihan alternatif, Donny juga mengatakan bahwa biaya perawatannya pun cukup kompetitif. Dengan demikian pelanggan akan mendapat pengalaman kepemilikan positif.

Untuk perawatan Suzuki Ertiga Hybrid dalam 50.000 Km pertama, ia mengklaim pelanggan tidak perlu mengeluarkan dana. Kemudian untuk perawatan kendaraan 60.000 pertama maka biaya yang dikeluarkan adlah Rp1.247 juta.

Ketika mobil menyentuh 70.000 Km, biaya perawatan mengalami penurunan menjadi hanya Rp722.000. Namun biaya akan membengkak saat 80.000 Km karena pelanggan harus membayar Rp1.091 juta.

Saat odometer menunjukkan angka 90.000 Km maka pelanggan cukup mengeluarkan dana sebesar Rp722.000. Sementara untuk biaya 1=perawatan 100.000 Km, biaya yang dikeluarkan hanya sebesar Rp1.247 juta.

Total biaya perawatan yang harus dikeluarkan pemilik untuk merawat Suzuki Ertiga Hybrid hingga 100.000 Km adalah Rp6.029 juta. Perlu diketahui bahwa harga tersebut hanya berlaku di bengkel resmi dan sesuai dengan buku petunjuk.

Artikel Terkait