Volkswagen Bangun Pabrik Baru untuk Produksi Trinity

Volkswagen bangun pabrik baru untuk produksi mobil listrik Trinity yang akan menjadi andalan mereka di masa depan

Volkswagen Bangun Pabrik Baru untuk Produksi Trinity
Photo: Volkswagen

TRENOTO – Volkswagen bangun pabrik baru guna menegaskan komitmennya dalam mengembangkan kendaraan listrik. Pabrik tersebut nantinya akan berlokasi dekat pabrik utama mereka di Wolfsburg serta menelan dana sebesar 2 miliar euro atau setara Rp31.24 triliun.

Diharapkan proses produksi di pabrik bisa mulai pada 2026 dengan model pertamanya adalah Volkswagen Trinity. Model tersebut digadang-gadang akan menjadi simbol dari generasi baru dari mobil Volswagen nol emisi.

“Kemi menetapkan tolok ukur dalam industri otomotif dengan Trinity dan pabrik baru serta mengubah Wolfsburg menjadi mercusuar global untuk kendaraan mutakhir. Ini menjelaskan kembali bahwa transportasi ekonomi Jerman sebagai pusat industri dapat dicapai,” ungkap Falf Bradstatter, CEO Volkswagen.

Photo : 123RF

Pekerjaan konstruksi pabrik baru dimulai pada awal musim semi 2023 dan akan mempertimbangan hukum bangunan serta lingkungan. Diharapkan pabrik tersebut akan memenuhi standar lingkungan tinggi sehingga memastikan kualitas udara terjaga

Kecanggihan pabrik pun dikabarkan menjadi komponen utama dari program modernisasi terbesar dalam sejarah Volkswagen. Bahkan bila pabrik sudah selesai dibangun maka akan menjadi standar baru dari seluruh fasilitas produksi Volkswagen di seluruh dunia.

Dilansir dari Antara, proyek Trinity adalah pelopor baru untuk armada serba listrik Volkswagen dengan beragam teknologi terkini. Model tersebut bahkan akan dilengkapi perangkat lunak terbaru sehingga masuk ke dalam mobil otonom level 4.

Photo : Volkswagen

Menariknya lagi, pengisian daya listrik kendaraan juga diklaim akan lebih cepat bila dibandingkan saat ini. Jarak tempuh kendaraan pun meningkat pesat menjadi 700 km bila baterai telah terisi penuh.

Perkembangan mobil listrik secara global memang terbilang cukup meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sepanjang 2021, penjualan mobil listrik di seluruh dunia telah mencapai 6.5 juta unit, meningkat 69 persen bila dibandingkan pada 2020 yang hanya terjual 4.6 juta unit.

Besarnya angka penjualan tersebut diyakini akan terus meningkat di masa depan. Tidak heran jika pabrikan mobil, termasuk Volkswagen berupaya untuk mendapatkan peluang di segmen ini dengan melakukan beragam terobosan, termasuk membangun fasilitas produksi dan mengembangkan teknologi baru.

Artikel Terkait