Volvo Bakal Rilis Fitur Self Driving untuk Saingi Tesla

Volvo bakal hadirkan fitur self driving untuk memudahkan para pengemudi di jalanan tertentu dengan bekerjasama dengan Luminar

Volvo Bakal Rilis Fitur Self Driving untuk Saingi Tesla
Photo: Antara

TRENOTO – Volvo Cars gandeng Luminar Technologies Inc untuk mengembangkan sistem mengemudi hands-free yang disebut Ride Pilot. Fitur otonom (biasa disebut) ini akan dirilis untuk pertama kalinya di California, Amerika Serikat.

Rencananya sistem Ride Pilot Volvo dan Luminar akan disematkan pada SUV listrik terbarunya. Namun dalam pengembangannya dikatakan bahwa fitur tersebut bukanlah sistem otonom sepenuhnya.

Teknologi Ride Pilot akan mengambil alih sepenuhnya tugas mengemudi dalam beberapa situasi terbatas. Sementara SUV all-electric dari Volvo sendiri baru diumumkan pada akhir tahun ini.

Fitur self-driving Volvo sejatinya akan hadir sebagai upgrade berlangganan pada para pelanggan. Adapun sistemnya baru bisa aktif setelah kendaraan memasuki jalan.

Pada ajang CES (Consumer Electronics Show) 2022, pihak Volvo mengatakan mobilnya akan mulai dijual pada 2023. Namun untuk fitur Ride Pilot masih belum dipastikan kapan akan ditawarkan.

Lebih jauh Ride Pilot sendiri tidak akan diaktifkan sampai pelanggan telah menjalani protokol verifikasi dan pengujian yang ketat.

Ride Pilot saat ini masih dalam tahap pengujian pada kendaraan pra-produksi tahun ini di California. Sementara mereka melakukan percobaan sambil menunggu persetujuan peraturan.

Photo : volvo

Sehingga ketika kendaraan versi produksi mulai beroperasi mulai tahun depan, mereka akan menjadi standar dengan teknologi keselamatan pengemudi lebih sederhana.

Lalu dengan melakukan percobaan, akan membantu mengumpulkan data untuk validasi teknologi yang digunakan sebelum dirilis nantinya.

“Saya membayangkan kami akan mengarahkan sebagian penjualan kami ke California untuk mendapatkan kepadatan kendaraan untuk membantu pengumpulan data,” kata Alexander Petrofski, Wakil Presiden Strategi dan Kepemilikan Bisnis Volvo seperti dikutip Antara dari Reuters.

Hingga saat ini Volvo masih belum mau menyebutkan biaya berlangganan untuk bisa menikmati Ride Pilot.

“Kami percaya sebagian besar pendapatan kami di masa depan akan datang dari penjualan perangkat lunak,” jelasnya kemudian.

Luminar selama ini dikenal sebagai penyedia sensor lidar, bagian penting dari sistem yang membantu mobil mendapatkan peta jalan tiga dimensi.

Ride Pilot nantinya akan mengandalkan lima sensor radar, delapan kamera dan enam belas sensor ultrasonik. Seluruhnya akan dikaitkan dengan perangkat lunak buatan perusahaan Swedia yakni Zensact.

Artikel Terkait