Volvo Tunda Kirim Mobil ke Rusia

Volvo tunda kirim mobil ke Rusia karena invasi yang dilakukan terhadap Ukraina dan akan mulai masuk pasar Indonesia

Volvo Tunda Kirim Mobil ke Rusia
Photo: volvo

TRENOTO – Volvo Cars menyatakan pihaknya akan menunda pengiriman mobil ke pasar Rusia. Hal ini dilakukan menyusul sanksi atas invasi Rusia kepada Ukraina yang dilakukan sejak pertengahan pekan lalu.

Dilansir Antara dari Reuters, manufaktur mobil asal Swedia tersebut membuat keputusan berdasarkan potensi risiko. Perdagangan dengan Rusia termasuk sanksi yang diberlakukan oleh UE dan AS.

“Volvo Cars tidak akan mengirimkan mobil apapun ke pasar Rusia sampai pemberitahuan lebih lanjut,” ungkap perusahaan tersebut.

Lebih lanjut seorang juru bicara Volvo mengatakan bahwa produsen mobil tersebut mengirim mobil ke Rusia dari pabrik mereka di Swedia, China dan Amerika Serikat. Volvo tunda kirim mobil ke Rusia diyakini berbagai pihak akan diikuti brand mobil lainnya.

Setidaknya Volvo memasarkan sekitar 9.000 mobil di Rusia pada tahun lalu, berdasarkan data industri.

Sementara pembuat truk Swedia AB Volvo mengatakan telah lebih dulu menghentikan semua produksi dan penjualannya di Rusia. Krisis ini masih masih belum diketahui kapan akan berakhir tergantung kondisi peperangan kedua negara tersebut.

Volvo Kembali ke Pasar Indonesia

Di balik penghentian pengiriman kendaraan ke Rusia, Volvo justru kembali mengaspal di Indonesia. Melalui PT Leading Vision Otomotif (LVO), Volvo akan meluncurkan model-model andalannya di Tanah Air pada kuartal ke-3 tahun ini.

Yoshiya Horigome akan bertindak sebagai Presiden Direktur LVO dan Volvo Cars di Indonesia. Pria asal Jepang tersebut dikatakan memiliki pengalaman selama lebih dari 25 tahun di industri otomotif global dan Indonesia.

Pengalamannya tersebut akan menjadi modal penting bagi kembalinya Volvo Cars ke Indonesia. Komitmennya adalah untuk menghadirkan pengalaman bernilai kepada para pelanggan dan stakeholder.

Photo : Volvo Cars Indonesia

“Volvo Cars telah hadir jauh sebelum dari yang mungkin diingat oleh GenXer di Indonesia pada era 80-an hingga awal awal 90-an. Perusahaan ini merupakan manifestasi kontemporer dari gaya hidup Swedia dan tetap setia pada nilai keselamatan secara turun-temurun,” kata Horigome dalam siaran resminya.

Ia menambahkan bahwa sepanjang 2020, Volvo mencatat penjualan tertinggi secara global. Di Korea misalnya, merek Swedia ini mengalami pertumbuhan dua digit selama 11 tahun berturut-turut.

“Kembalinya Volvo ke Indonesia akan merevitalisasi segmen mobil premium sekaligus menambah warna tersendiri melalui keahlian dan gaya khas Swedia. Kami berharap dapat menghadirkan layanan yang luar biasa bagi para pelanggan dan mengembangkan merek Volvo Cars di Indonesia,” ucapnya kemudian.

Artikel Terkait