Volvo Uji Coba Pengisian Daya Mobil Listrik Nirkabel

Terus mengembangkan teknologi ramah lingkungan, Volvo uji coba pengisian daya mobil listrik nirkabel

Volvo Uji Coba Pengisian Daya Mobil Listrik Nirkabel
Photo: Carscoops

TRENOTO – Terus mengembangkan inovasi teknologi, Volvo uji coba pengisian daya mobil listrik nirkabel (tanpa kabel). Bersama Cabonline atau perusahaan taksi terbesar di kawasan Nordik Eropa, uji coba akan dilakukan di Gothenburg, Swedia.

Seperti dilansir Carscoops, Senin (7/3/2022), teknologi ini beroperasi seperti pengisi daya telepon nirkabel yang telah diaplikasikan di beberapa kendaraan. Sangat mudah, pengemudi hanya perlu memarkirkan kendaraan mereka untuk mulai mengisi daya, tanpa perlu keluar kendaraan sama sekali. 

Dalam uji coba yang dilakukan, Cabonline mendapatkan Volvo XC40 Recharges. Memudahkan pengendara melakukan pengisian daya secara nirkabel, bantalan pengisi daya yang dibuat oleh Momentum Dynamics akan tertanam di jalan.

“Gothenburg Green City Zone memungkinkan kami mencoba teknologi baru yang menarik di lingkungan nyata dan mengevaluasinya dari waktu ke waktu untuk pengenalan yang lebih luas di masa depan yang potensial,” kata Mats Moberg, kepala Penelitian dan Pengembangan di Volvo Cars

Selain memudahkan pengisian, pad yang tertanam di jalan juga dapat mengisi daya kendaraan hingga 40 kW atau setara dengan port pengisian cepat DC yang bekerja pada 50 kW. Daya yang diberikan juga jauh lebih cepat dibandingkan pengisi daya AC 11 kW biasa.

Photo : Carscoops

“Menguji teknologi pengisian daya baru bersama dengan mitra terpilih adalah cara yang baik untuk mengevaluasi opsi pengisian alternatif mobil masa depan kami,” tuturnya

Tak hanya itu, pengemudi juga mendapat bantuan berupa kamera 360 derajat yang terpasang pada Volvo XC40 Recharge. Digunakan lebih dari 12 jam, mobil di segmen crossover ini diharapkan mampu bekerja maksimal. 

Dalam keterangan resminya, Cabonline akan mengemudikan kendaraan lebih dari 100.000 kilometer dalam satu tahun. Uji coba yang dilakukan menjadi bagian penting dalam perkembangan kendaraan ramah lingkungan Volvo di masa yang akan datang. 

Menggandeng perusahaan kendaraan umum, proyek ini merupakan bagian dari inisiatif Zona Kota Hijau Gothenburg yang diumumkan Volvo pada tahun lalu. Inisiatif ini bertujuan untuk mengubah transportasi kota menjadi 100 persen bebas emisi pada tahun 2030.

Artikel Terkait